Kenali Apa Alasan Remaja Menjadi Pribadi yang Sulit Diatur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, banyak orangtua yang kebingungan mengapa anaknya yang sudah menginjak remaja menjadi pribadi yang sangat sulit diatur? Kenali alasannya dalam artikel berikut ini.

Apa Saja Alasan Remaja Sulit Diatur?

Banyak orangtua yang seringkali menyalahkan anaknya karena sulit diatur. Padahal anaknya dalam usia remaja. Usia remaja sangat rentan terhadap kondisi piskologisnya yang begitu labil. Kenali alasan remaja sulit diatur sebagai berikut:

  • Orangtua Terlalu Sibuk

Kondisi rumah dalam keadaan orangtua keduanya yang sibuk membuat para remaja kurang kasih sayang dan perhatian. Alhasil tumbuh menjadi anak yang sulit diatur karena banyak waktunya yang dihabiskan untuk mengurus berbagai macam kegiatan yang kurang sesuai dengan aturan. Misalnya waktu dihabiskan untuk game, pacaran, dugem, dan lain sebagainya.

  • Broken Home atau Orangtua Tidak Harmonis

Banyak remaja yang sangat stress dan sulit diatur karena setiap hari melihat kedua orangtuanya bertengkar atau menerima kenyataan pahit orangtua bercerai. Banyak remaja yang seringkali tidak bisa diatur karena menerapkan cara hidup orangtuanya yang penuh dengan konflik dan seringkali mempraktekkan  sifat kedua orangtuanya yang kasar dan saling bertengkar. Maka banyak sekali ditemukan kasus dimana remaja seringkali berkelahi di sekolah atau pun di luar rumah.

  • Kurangnya Kondisi Ekonomi

Kurangnya kondisi ekonomi yang tidak diiringi dengan pengertian dari orangtua membuat para remaja minder karena tidak bisa seperti temannya yang lain. Merasa rendah diri karena tidak bisa memiliki barang yang sedang hits dan banyak dimiliki oleh teman-temannya. Jika remaja sudah frustasi pada kondisi orangtuanya membuat mereka seringkali lepas hormat kepada orangtua dan tidak lagi mau mendengar nasehat orangtua.

  • Terbiasa Dimanja

Remaja yang terlalu sering dimanja justru akan membuat para remaja seringkali sangat sulit diatur. Banyak remaja yang terbiasa dituruti semua permintaannya dan ketika suatu kali orangtuanya tidak mau menuruti maka yang ada hanya lah sikap brutal dari para remaja.

  • Terlalu Sering Dipukul atau Dihajar

Banyak orangtua di Indonesia ini yang masih menerapkan pola lama. Banyak orangtua yang memukuli atau menghajar anaknya jika melakukan kesalahan. Ternyata pola ini membuat anak-anaknya justru tumbuh menjadi remaja yang sulit diatur. Memukul dan menghajar bukan membuat remaja patuh. Tapi hanya takut sementara saja dan justru membuat para remaja tidak bisa diatur dan memiliki rasa dendam pada orangtuanya yang seringkali memukul.

  • Pengaruh Pergaulan

Banyak remaja yang terjun ke dunia yang salah dan menjadi sulit diatur karena bergaul dengan orang yang salah. Pengaruh teman-teman yang justru merusak kebiasaan baik dari para remaja.

Demikian informasi mengenai alasan remaja menjadi pribadi yang sulit diatur. Semoga bermanfaat. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here