Kenali Berbagai Hal yang Dirasakan oleh Wanita yang Sudah Monopause

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda membayangkan bagaimana nanti rasanya ketika sudah monopause? Jika belum, tahukah Anda bahwa banyak sekali perbedaan yang dirasakan oleh para wanita yang sudah menopause? Artikel berikut akan memberikan beberapa bukti.

Apa Saja yang Dirasakan oleh Wanita yang Mengalami Monopause?

Banyak sekali perubahan yang dirasakan oleh wanita yang sudah mengalami menopause sehingga pada kehidupan pernikahan. Beberapa hal tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Perubahan Kehidupan seks

Kehidupan seks merupakan bagian terpenting dalam suatu pernikahan karena membutuhkan kerja sama antar suami dan istri sehingga mendapatkan kebahagiaan seksual. Tapi saat mulai masuk ke dalam usia menopause, wanita sudah kehilangan hasrat seks.

Pasangan sering merasa bingung dan adanya ketidakseimbangan kehidupan seksual rumah tangga. Sehingga mempengaruhi hormon dalam diri wanita. Butuh sekali yang namanya dukungan dari pasangan sehingga rumah tangga tetap harmonis.

  1. Perubahan Pola Perilaku

Efek menopause pada keharmonisan rumah tangga erat hubungannya dengan suasana hati dan perubahan perilaku pada wanita. Tingkat hormon selalu berubah secara fluktuatif sehingga setelah masuk masa menopause selalu terjadi perubahan perilaku tersebut.

Wanita menopause lebih mudah labil emosinya sehingga perasaannya lebih sensitif sehingga anak dan suami sangat kesulitan memahami perilaku wanita tersebut. Bahkan seringkali wanita yang telah monopause diawal masanya selalu mengalami kesalahpahaman serta adanya pertengkaran rumah tangga.

  1. Terjadinya Perubahan fisik

Wanita yang sudah mengalami monopause mengalami perubahan penampilan fisik. Berat badan semakin naik, terjadinya rontok rambut. Berbagai macam perubahan fisik membawa banyak gangguan kehidupan rumah tangga dan aktivitas seksual.

  1. Mengalami Kegerahan

Wanita yang sudah mengalami menopause sering merasa kepanasan dan sering keluar keringat. Biasa diderita oleh seorang wanita yang memasuki masa perimenopause. Durasi menopause biasa terjadi antara siang dan malam. Wanita yang sudah menopause sering mengalami insomnia dan gangguan tidur. Serangan panas secara fluktuasi hormonal selalu berbeda di setiap wanita. Kondisi ini biasa terjadi antara dua hingga lima belas tahun lamanya.

  1. Vagina Terasa Kering

Wanita yang sudah mengalami menopause sering terjadi perubahan hormon sehingga dinding vagina terjadi pengurangan cairan dan kehilangan elastisitasnya. Wanita merasa tidak nyaman karena baru disadarinya ketika melakukan hubungan seksual. Waktu yang dibutuhkan agar wanita mudah terangsang sangat lama karena sudah kering. Dibutuhkan pelumas vagina agar dapat mengatasi hubungan seksual dengan suami.

  1. Beresiko Terjadi Infeksi Saluran Kemih

Wanita yang sudah menopause beresiko terkena penyakit infeksi kemih. Resiko saluran kemih sangat meningkat karena terjadi perimenopause sehingga frekuensi buang air kecil sering terasa sakit ketika berkemih. Berkurangnya kemampuan menahan urin karena elastisitas atau otot vagina sudah mulai menurun. Sehingga diperlukan latihan dasar panggul secara rutin.

Demikian informasi mengenai berbagai hal yang dirasakan oleh wanita yang sudah menopause. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY