Kenali Biduran dan Cara Mengatasinya

SehatFresh.com – Biduran yang dalam istilah medis disebut urtikaria adalah reaksi dari kulit yang menyebabkan munculnya bilur berwarna merah atau putih dan terasa gatal. Bilur ini awalnya muncul di satu bagian tubuh dan akhirnya menyebar. Salah satu penyebab umumnya adalah alergi. Ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda.

Penyakit ini terbagi atas tiga tahapan mulai dari jangka pendek hingga yang paling parah yaitu kronis

  • Biduran jangka pendek

Jika penyakit urtikaria ini berlangsung selama kurang dari enam minggu, maka penyakit ini disebut dengan penyakit biduran jangka pendek atau akut.

  • Biduran jangka panjang

Jika penyakit urtikaria bertahan lebih dari enam minggu atau ada juga yang bersifat kambuhan atau bahkan tahunan. Penyakit seperti ini memang jarang terjadi dan penyakit ini disebut dengan penyakit biduran jangka pajang.

  • Biduran kronis

Penyakit ini bisa diartikan sebagai tanda dari penyakit lain yang mungin diderita, seperti penyakit diabetes, tiroid, atau bahkan lupus. Biduran kronis lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita dengan rentan usia 30-60 tahun, penyakit ini juga dapat menyerang meraka yang mempunyai penyakit alergi.

Beberapa faktor dapat memicu biduran kambuh. Maka Anda perlu hati-hati terhadap makanan atau apapun yang dapat menyebabkan alergi. Biduran dapat dipicu oleh alergi terhadap jenis obat-obatan tertentu, makanan (udang, telur, dan kerang), daging kaleng, racun serangga, bulu binatang, infeksi virus maupun bakteri, dan stres. Berikut ini cara mengatasinya:

  • Buah asam dan temulawak

Siapkan buah asam, 15 gram temulawak, dan gula aren. Rebus semua bahan tersebut ke dalam dua gelas air hingga tersisa setengahnya. Biarkan dingin, kemudian saring. Minum ramuan ini untuk mengobati biduran. Anda dapat menambahkan madu untuk menambah rasa lezat.

  • Bawang merah dan daun kelor

Siapkan bahan berupa tiga lembar daun kelor, sebutir bawang merah, dan dua gram pulosari. Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam tiga gelas air hingga tersisa dua gelas saja. Setelah disaring, minum ramuan ini dua kali dalam sehari.

  • Minyak kayu putih dan zaitun

Siapkan minyak kayu putih, minyak zaitun, dan menthol kristal masing-masing sebanyak satu sendok makan. Aduk semua bahan hingga merata. Gosokkan pada kulit Anda untuk mengobati biduran.

  • Mengobati biduran dengan daun sirih

Siapkan daun sirih dan ketepeng, masing-masing sebanyak 20 lembar. Rebus kemudian saring. Minum untuk mengobati biduran secara alami. Selain mengobati biduran, daun sirih juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami.

  • Jahe dan cuka beras hitam

Siapkan bahan berupa 100 cc cuka beras hitam, 30 gram jahe, dan gula merah. Tumbuk dulu jahe hingga halus, kemudian rebus bersama lainnya ke dalam air. Setelah dingin, minum ramuan tradisional ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Jika cara diatas tidak berhasil disarankan untuk menghubungi dokter.

Sumber gambar : findspicture.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY