Kenali Cara Membiasakan Anak untuk Mandi Dua Kali Sehari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anak di usia bermain selalu sulit untuk diajak mandi oleh kedua orangtuanya. Banyak anak yang justru menangis jika diajak mandi. Maka sangat diperlukan cara untuk membiasakan anaknya untuk mandi sebanyak 2x sehari. Kebiasaan mandi 2x sehari sangat penting karena berdampak bagi kesehatan anak.

Bagaimana Cara Membiasakan Anak Mandi 2x Sehari?

  • Minimalisir Waktu Mandi

Waktu mandi yang terlalu lama membuat anak justru bosan dan merasa kapok. Sebaiknya diminimalisir waktu mandinya agar kegiatan mandi menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Waktu mandi yang ideal ialah 15 menit saja. Sebab jika lebih dari itu, maka justru membuat anak ingin pergi dari kamar mandi sesegera mungkin.

  • Jangan Biarkan Anak Mandi dengan Air Panas, Tapi Buatlah Air Menjadi Hangat

Air hangat cenderung disukai anak-anak. Banyak anak yang bertah berendam di dalam ember yang berisi air hangat. Anak justru akan marah dan menangis jika airnya terlalu panas. Air yang dirasa panas untuk dirasakan oleh kulit bayi yang sangat sensitif membuat anak tidak nyaman berlama-lama untuk mandi.

  • Gunakan Sabun Khusus Anak

Sebaiknya gunakan sabun khusus anak untuk membuat kulit bayi tetap terjaga dan tidak iritasi. Pilihlah sabun anak yang lembut dan nyaman di kulit anak. Jangan sampai menyabun tubuh anak dengan menggunakan sabun dewasa. Karena akan sangat sensitif di kulit anak.

  • Jangan Gosok Tubuh Anak dengan Handuk

Keringkan tubuh anak dengan cara menyentuhkan handuk. Jangan sampai tubuh bayi dikeringkan dengan cara digosok. Penggosokan tubuh akan membuat kulit anak menjadi iritasi, luka, dan memar. Terlebih jika menggosoknya terlalu lama. Tentunya akan membuat anak merasa tidak nyaman. Jika hal ini terjadi besar kemungkinan anak akan menjadi malas untuk mandi lagi.

  • Mandikan Anak Menggunakan Gayung

Banyak orangtua yang ingin simpel memandikan anaknya dengan menggunakan shower. Jika orangtua menggunakan shower justru membuat tubuh anak kurang bisa dibersihkan. Sebaiknya gunakan saja gayung agar anak lebih nyaman dan bersih. Menggunakan anak dengan shower juka beresiko membuat anak kemasukan air pada telinga, mata, dan hidungnya. Jika menggunakan gayung, maka bisa disesuaikan.

  • Gunakan Air Biasa

Agar mandi menjadi hal yang menyenangkan buat anak, maka mandikan anak dengan menggunakan air yang selang-seling intensitas panasnya. Jika satu guyuran sudah menggunakan air hangat, maka bisa menggunakan air biasa untuk guyuran selanjutnya. Hal ini akan membuat anak merasa segar ketika mandi. Anak pun sambil bisa merasakan perbedaan air hangat dan air biasa, sehingga tidak akan membuatnya kaget ketika sudah diharuskan mandi tanpa air hangat saat mulai beranjak dewasa.

Demikian informasi mengenai cara membiasakan anak untuk mandi 2 kali. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here