Kenali Cara Menghadapi Anak Picky Eater

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu seringkali merasa bingung dengan kondisi anaknya yang mulai picky eater. Picky eater merupakan kondisi dimana anak mulai suka memilih makanan dan cenderung tidak menyukai makanan sayur dan buah. Padahal sayur dan buah merupakan jenis makanan yang sangat bernutrisi dan cukup baik bagi tumbuh kembang anak-anak.

Tips Mengatasi Picky Eater

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang mengalami picky eater sebagai berikut:

  • Ajak Anak Mengatasi Picky Eater

Biasakan terus mengenalkan anak dengan berbagai menu baru yang beragam. Cara mengenalkannya pun juga bertahap, jangan langsung memberikannya dalam jumlah banyak. Misalnya ingin memberikan labu resbus pada anak, sebaiknya dalam jumlah sedikit dan campur saja dengan ASI supaya anak tidak kaget. Tambahkan porsi labu sedikit demi sedikit.

  • Sajikan Anak Secara Unik Atau Lucu

Sajikan menu unik dan lucu kepada anak. Cara menyajikannya dengan menghias makanan berbentuk muka, boneka, ata dipotong secara unik. Kombinasikan dengan berbagai warna yang menyala dan menyenangkan agar anak suka melihat dan penasaran ingin memakannya.

  • Ajak Anak Makan Bersama

Biasakan mengajak anak makan bersama-sama sehingga anak merasa bahagia saat makan bersama orangtuanya. Anak biasanya juga akan meniru apapun yang dilakukan kepada kedua orangtuanya. Izinkan anak merasakan cemilan yang memiliki rasa yang tajam sehingga lidah anak mulai terbiasa makan dengan rasa yang baru. Anak juga akan lebih tertarik jika makan secara bersama dan ramai. Contohkan dengan menyuapkan makanan kepada mulut kita untuk mengajak anak menirukannya.

  • Jangan Terlalu Khawatir

Banyak anak yang memang mengalami picky eater, sehingga tidak perlu khawatir. Jika perlu biarkan anak mengalami rasa lapar karena tidak mau makan. Semakin lama jika anak mulai rewel, kita bisa memberikan menu makanannnya secara bertahap.

  • Ajak Anak Menyajikan Makanan

Sebaiknya anak diajak dalam proses penyajian makanan sehingga dapat memiliki keinginan untuk memakannya. Misalnya dapat mengajak anak untuk mengoleskan mentega, selai, atau cokelat pada makanannya. Dengan begitu anak akan tertarik untuk memakan makanannya.

  • Menerapkan Kesukaan Pada Makanan

Sebaiknya orangtua mulai menerapkan makanan kesukaan dan favorit pada anak.misalnya saja jika sedang makan sayur, biasakan kita mengatakan “enak sekali”, “manis sekali”, dan lain sebagainya. dengan begitu anak akan mengerti bahwa rasa dari makanan yang diberikan itu sangat enak.

  • Tambahkan Sedotan

Jika anak diajak minum jus tidak terlalu suka, sebaiknya berikan sedotan pada gelas dengan bentuk yang lucu dan unik. Sedotan umumnya juga akan membuat anak lebih semangat dalam menelan.

Demikian informasi mengenai anak picky eater. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here