Kenali Cara Pencegahan Varises Vagina

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, banyak wanita yang takut terkena penyakit varises vagina. Lalu bagaimana cara pencegahannya?

Bagaimana Pencegahan Varises Vagina?

Varises ternyata bukan hanya terjadi di kaki saja, tapi juga di vagina atau vulva. Terutama bagi para wanita hamil, kondisi ini sering terjadi. Agar tidak terjadi varises vagina bisa dilakukan beberapa pencegahan yaitu sebagai berikut:

  • Pencegahan untuk Ibu Hamil

Bagi para wanita yang sedang hamil agar tidak terjadi varises di area vagina atau vulva ialah dengan melakukan senam hamil. senam hamil bertujuan untuk melakukan kebugaran dan menimbulkan perasaan tenang. Aliran darah bisa lebih lancar ke seluruh tubuh sehingga tidak terjadi varises vagina. Anda juga bisa melakukan program senam hamil agar persalinan terjadi lebih lancar.

  • Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi dan Bernutrisi

Anda bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi sehingga meningkatkan kesehatan otot dan pembuluh darah lebih kuat sehingga tidak terjadi pemecahan pembuluh darah atau varises.

  • Aktif Melakukan Kegiatan Sehari-hari

Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari agar terjadi keseimbangan hormon sekalipun bertambah berat badan. Anda juga bisa melakukan kegiatan yang rutin atau olahraga agar aliran darah tetap lancar dan tidak terjadi varises vagina. Terlebih bagi wanita yang mengalami obesitas dan kehamilan, sehingga tidak terjadi varises di daerah vagina. Melakukan kegiatan sehari-hari, bukan berarti harus membawa beban terlalu berat dan terasa terlalu letih.

  • Angkat Kaki di Permukaan yang Lebih Tinggi

Ankat kaki dengan bagian permukaan yang lebih tinggi dengan menggunakan pengganjal atau pun bantal. Jika bagian kaki berada di bagian lebih tinggi dengan posisi telentang maupun miring maka aliran darah ke jantung akan lebih lancar sehingga menurunkan kemungkinan penyakit varises vagina. Jangan bertahan dengan salah satu posisi tidur saja, usahakan juga berganti-ganti, tekuk kaki, dan luruskan kaki juga.

  • Pakai Sepatu yang Nyaman

Jangan biasakan untuk memakai high heels setiap hari karena akan membuat aliran darah tidak dapat berjalan dengan lancar. Pilihlah sepatu yang nyaman sehingga peredaran darah tidak tersumbat. Aliran darah yang lancar bisa membuat keseimbangan imun tubuh lebih kuat, tidak terjadi pegal kaki, dan bisa menghindari penyakit varises vagina.

  • Jangan Berdiri Terlalu Lama

Hindari pekerjaan yang menghabiskan waktu untuk berdiri terlalu lama karena akan membuat aliran darah terkumpul hanya pada kaki dan bagian tertentu sehingga bisa muncul varises di vagina.

  • Jangan Terbiasa Memakai Celana Ketat

Celana ketat membuat aliran darah tertahan pada pinggang, paha, dan area organ intim. Sehingga bisa lebih lancar dan mencegah penyakit varises vulva.

Demikian informasi mengenai varises vagina, semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here