Kenali Ciri-ciri dan Gejala Kista pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit kista merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan kesehatan yang berbentuk seperti kantung yang biasanya terdapat berbagai bentuk cairan, lendir ataupun gas yang ada di dalamnya. Penyakit ini tidak hanya kepada wanita dewasa, akan tetapi gangguan ini juga dapat terjadi pada remaja. Faktor penyebab terjadinya kista pada remaja disebabkan beberpa faktor diantaranya yaitu kantung telur atau yang disebut dengan folikel mengalami kegagalan, faktor genetik atau keturunan, pola hidup yang tidak sehat, kurang mengkonsumsi makanan berserat dan jarang melakukan aktivitas olahraga.

Ciri-ciri terjadinya kista pada remaja

  1. Haid tidak lancar

Setiap wanita tentunya memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Pada umumnya siklus wanita setiap bulan 28 sampai 30 hari. Akan tetapi memang ada wanita yang terkadang mengalami siklus haid pendek < 28 hari dan mengalami siklus panjang > 30 hari. apabila anda sering mengalami haid yang tidak lancar maka sesekali anda memeriksakannya ke dokter untuk memastikan kondisi anda. Jika anda tidak memiliki waktu maka mulailah gaya hidup sehat. Haid yang tidak lancar salah satu ciri-ciri terjadinya kista pada remaja.

  1. Sakit saat haid dan setelah haid

Pada saat haid maka terjadinya peluruhan sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma hal ini di pengaruhi oleh hormon estrogen dan hormon progesteron. Proses meluruhnya darah haid dibantu oleh kontraksi alami di dalam tubuh sehingga kontraksi tersebut dan perubahan hormon terkadang membuat anda terasa sakit pada saat haid hal ini wajar dan disebut dengan dismenore. Akan tetapi apabila anda mengalami dismenore pada saat haid yang membuat anda tidak bisa melakukan aktivitas bahkan sampai menimbulkan pingsan hal ini harus anda waspadai bisa jadi ini merupakan ciri terjadinya kista. Segera pergi ke dokter untuk memastikan keadaanya.

  1. Nyeri di tulang panggul

Apabila anda mengalami rasa sakit atau nyeri di daerah panggul perlu anda waspadai bisa jadi itu suatu ciri-ciri atau tanda gejala tejadinya kista. Akan tetapi anda jangan gegabah mulailah gaya hidup sehat. Jika hal ini tidak bisa diatasi lakukan pemeriksaan oleh dokter untuk memastikan keluhan yang anda rasakan.

  1. Sering BAK

Jika anda merasa ingin kencing dan berulang kali bisa jadi itu adalah suatu tanda gejala atau ciri-ciri terjadinya kista. Alesannya karena pertumbuhan kista mengurangi volume kandung kemih dan akan menekan kandung kemih sehingga anda akan cepat merasa ingin BAK.

  1. Merasa cepat kenyang

Apabila anda makan sedikit akan tetapi cepat merasa kenyang hal ini bisa jadi salah satu ciri-ciri terjadinya kista pada remaja. pertumbuhan kista yang semakin besar akan menyebabkan usus menjadi terdesak. Lakukan pemeriksaan dokter jika hal ini sering dan selalu anda alami.

  1. Limbung dan pusing

Ketidaknyamanan ini menjadi salah satu tanda adanya kista. Apabila anda mengalami beberapa ciri-ciri diatas yang disertai dengan limbung atau pusing hal ini menandakan bahwa pertumbuhan kista semakin besar. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here