Kenali Ciri-ciri Osteomielitis pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Osteomielitis merupakan peradangan pada struktur tulang yang diakibatkan terinfeksi bakteri melalui luka yang timbul disekitar tulang. Biasanya infeksi ini disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus. Selain disebabkan oleh bakteri, penyakit ini disebabkan juga oleh virus dan jamur. Pada anak, infeksi ini dapat terjadi pada tulang belakang dari lengan dan tungkai, kemudian pinggul, pundak, pergelangan tangan serta lutut.

Ciri-ciri Penyakit Osteomielitis Pada Anak:

  1. Demam

Terjadinya demam tinggi secara mendadak merupakan ciri penyakit osteomyelitis pada anak, apabila terjadi pemeriksaan fisik, biasanya yang ditumukan hanya 50% neonatus. Demam ini terjadi seltelah 2-3 hari.

  1. Nafsu Makan Menurun

Penyakit ini juga dapat menyebabkan nafsu makan pada anak menurun dikarenakan menjadi sukar menelan, gigi menjadi goyah, serta ada rasa tidak enak pada rahang.

  1. Nyeri Saat Pemeriksaan Fisik

Anak yang mengalami osteomyelitis akan mengalami nyeri tekan di beberapa bagian saat menjalani pemeriksaan fisik.

  1. Gangguan Sendi

Gangguan sendi terjadi karena ada pembengkakkan dibeberapa bagian tubuh.

  1. Infeksi Pada Tulang

Pada anak, infeksi tulang yang berasal dari aliran darah dapat menyebabkan demam, terasa nyeri pada bagian tulang yang terinfeksi. Sedangkan pada daerah tulang bagian atas dapat menyebabkan luk, bengkak serta pergerakan yang menimbulkan rasa nyeri.

  1. Infeksi Pada Jaringan Lunak

Infeksi ini mengakibatkan terjadinya infeksi pada tulang. Hal ini juga menyebabkan terjadinya pembengkakkan didaerah atas tulang serta abses yang terjadi pada jaringan sekitarnya.

  1. Infeksi Pada Sendi Buatan

Pada anggota gerak biasanya memiliki rasa nyeri yang terus-menerus berlangsung pada bagian yang sama.

Terkadang infeksi osteomyelitis tidak terdeteksi selama bertahun-tahun dikarenakan tidak menimbulkan gejala penyakit. Apabila telah mengendap menahun, penyakit ini menyebabkan nueri tulang, infeksi jaringan lunak yang berulang-ulang serta keluarnya nanah dari tulang menembus kulit.

Apabila anak anda terlanjur terkena penyakit osteomyelitis, maka dapat melakukan perawatan seperti:

  1. Kontrol Etiologi Dan Faktor Presdiposisi

Lakukan pengontrolan secara berkala pada dokter maupun fisioterapis kepercayaan anda.

  1. Istirahat

Jangan lupa bahwa kondisi anak sedang kurang baik, apalagi menyangkut masalah tulang. Istirahatkan anak dan jangan sampai mengalami kelelahan.

  1. Diet

Konsumsi makanan yang kaya serat, kurangi makanan berlemak, kontrol berat badan, serta hindari alkohol dan rokok.

  1. Konsumsi Antibiotik

Pada anak-anak dengan osteomyelitis akut harusĀ  diberikan terapi antibiotik secara berkala, dengan evaluasi yang tepat terhadap mikroorganisme serta penyebab dan kelemahannya. Maka penyakit ini dapat sembuh dalam 2-4 minggu.

  1. Incisi Abses/Bisul

Hal ini dilakukan agar tekanan nanah pada tulang berkurang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY