Kenali Ciri dan Gejala Depresi pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Depresi sering diartikan dengan kodisi dimana seseorang mengalami gangguan kesehatan mental yang berpengaruh terhadap suasana hati, perasaan dan pola pikir atau cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Berbeda dari wanita, pria lebih cenderung diam saat mengalami kondisi yang sulit karena kepribadian pria yang jarang untuk banyak bicara dan lebih untuk bertindak.

Depresi yang terjadi pada pria menjadi masalah penting karena kebanyakan pria tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengalami depresi. Untuk mengenali apakah anda sedang mengalami depresi, beberapa ciri dan gejala yang dapat dikenali yaitu

  1. Mudah marah dan melakukan kekerasan.

Tanda yang paling mudah dikenali pada pria yaitu dimana anda mudah marah, tersinggung dan lebih banyak diam. Selain itu keadaan marah yang lebih besar pada pria dengan tidak mampu mengontrol emosi dan mudah untuk melakukan kekerasan.

  1. Tidak fokus dan Kelelahan akut.

Depresi memicu perasaan tidak bersemangat, suasana hati yang buruk dan kelelahan akut. Selain itu gejala umum kurang fokus dan gangguan konsentrasi membuat sebagian besar pria tidak dapat bekerja dan memerlukan konseling atau perawatan medis.

  1. Memiliki pemikiran untuk bunuh diri.

Ciri yang lebih parah pada orang dengan depresi, akan mudah memiliki pemikiran negatif menyelesaikan dengan bunuh diri. Pria yang lebih tua memiliki rentan 4 kali lebih tinggi untuk melakukan bunuh diri.

  1. Menggunakan obat-obatan terlarang.

Pria lebih banyak berpikir untuk membawanya dalam kondisi yang tenang dan lupa akan masalah saat ini yaitu dengan mencari kesenangan untuk dirinya sendiri. Kondisi inilah yang mendorong lebih banyak pria mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang karena efek dan sensasi yang ditimbulkan setelah meminumnya.

  1. Mengalami insomnia dan sleep apnea.

Dalam studi terbaru dari australia orang dengan gangguan tidur lebih besar untuk mengalami depresi.  Hal ini berkaitan dengan kurangnya jam tidur dan buruknya kualitas tidur yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan jiwa.

  1. Gairah seksual berkurang.

Hormon yang berperan dalam gairah seksual laki-laki yaitu hormon testosteron. Stress, depresi dan kecemasan membuat produksi hormon testosteron berkurang sehingga timbul disfungsi seksual, disfungsi ereksi dan penurunan libido.

  1. Timbul berbagai gangguan kesehatan.

Pria tidak menyadari rasa sakit kronis dan gangguan pencernaan berjalan seiring dengan depresi. Masalah kesehatan yang sering timbul pada orang dengan depresi menurut National Institute of Mental Health seperti diare, sakit kepala, sakit punggung. Masalah kesehatan tersebut dapat diobati dengan menggunakan konseling dan teraphy obat serta teraphy psikologis.

Tujuh ciri dan gejala depresi pada pria yang dapat anda kenali sehingga dapat membantu dalam menangani masalah depresi sebelum menjadi depresi yang lebih parah dan menimbulkan resiko lebih besar. Penanganan yang baik yaitu dengan memberikan perawatan medis maupun psikologis pada penderita depresi. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here