Kenali Ciri dan Tanda Gejala Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Diabetes gestasional merupakan suatu penyakit diabetes millitus dimana terjadi intoleransi kadar glukosa pada masa kehamilan. Kondisi ini banyak menimbulkan berbagai jenis komplikasi pada ibu dan janin sehingga hal ini harus anda waspadai. Biasanya kondisi ini menunjukan beberapa tanda gejala diantaranya :

  1. Ibu merasa haus yang berlebihan

Orang yang mengidap penyakit diabetes biasanya akan menunjukan gejala haus yang berlebih meskipun orang tersebut telah mendapatkan cairan yang cukup. Orang yang normal  pada umumnya cukup mengkonsumsi cairan sekitar 8 gelas perhari, akan tetapi bagi wanita hamil yang mengalami diabetes gestasional akan memiliki hasrat haus yang lebih tinggi sehingga wanita tersebut akan minum jauh lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak mengidap diabetes.

  1. Merasa lelah yang berlebih

Perubahan hormon selama masa kehamilan memang terkadang membuat ibu hamil merasa lelah. Pada wanita hamil yang mengidap penyakit diabetes juga akan merasakan lelah yang berlebihan meskipun wanita hamil tersebut tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Sehingga kedua kondisi tersebut antara kelelahan yang normal dan kelelahan yang merupakan ciri penyakit diabetes suit untuk dibedakan.

  1. Sering BAK

Orang yang mengidap diabetes akan merasa haus karena mulutnya terasa kering serta berkurangnya air liur. Hal tersebut mengakibatkan pasien akan banyak minum dan mengakibatkan sering BAK dengan volume air seni yang abnormal.

  1. Merasa cepat lapar

Penyakit diabetes akan menunjukan tanda gejala dimana orang yang mengidap penyakit ini akan merasa cepat lapar. Kondisi ini disebut dengan istilah poliphagia yang disebabkan karena kadar insulin yang berkurang untuk memasuki gula ke sel yang mengakibatkan otot dan organ menjadi lemah karena kehabisan energi.

  1. Pandangan mata kabur

Pada pengidap diabetes gestasional maka akan terjadi kadar gula darah yang tinggi sehingga tingginya kadar gula tersebut akan mengambil cairan dari tubuh termasuk dalam lensa mata. Kondisi dehidrasi ini dapat berpengaruh pada konsentrasi mata yang mengakibatkan pandangan mata menjadi kabur. Kondisi ini harus segera diatasi karena jika tidak maka akan menimbulkan kehilangan penglihatan secara total.

  1. Pemulihan luka yang lama

Diabetes gestasional, tipe 1 dan tipe dua pada umumnya akan menunjukan tanda gejala pada penderitanya yaitu apabila orang yang mengidap diabetes mengalami infeksi dan luka maka luka tersebut biasanya akan sulit untuk sembuh.

  1. Memiliki warna kulit yang lebih gelap

Perubahan hormon mengakibatkan hiperpigmentasi pada kulit wanita hamil. Akan tetapi bila wanita hamil mengidap penyakit diabetes maka wanita tersebut akan mengalami bercak dan lipatan berwarna gelap yang disebut dengan acanthosis nigricans. Perubahan kulit ini biasanya terjadi pada area leher dan ketiak yang menjadi tanda gejala memiliki gangguan pada insulin.

  1. Mulut terasa kering

Apabila ibu hamil merasa mulutnya terasa kering maka hal tersebut menjadi salah satu tanda gejala penyakit diabetes gestasional. Kondisi ini disebabkan karena kadar gula darah yang tinggi pada ibu hamil memicu terjadinya gangguan pada kelenjar tiroid yang mengakibatkan berkurangnya air liur. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here