Kenali Ciri dan Tanda Gejala Kanker Serviks

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, banyak wanita merasa resah dengan penyakit kanker serviks. Kebanyakan penderita kanker serviks baru melakukan pemeriksaan ketika penyakit sudah mulai parah. Padahal bisa dideteksi sejak ditemukan ciri dan tandanya. Artikel berikut akan memberitahukan ciri dan tanda gejala kanker serviks.

Ciri dan Tanda Gejala Kanker Serviks

  1. Stadium Awal

Ciri dan tanda kanker serviks stadium awal seringkali tidak begitu terasa. Rasanya seringkali penderitanya merasa mustahil adanya kanker saat masih stadium awal. Pemeriksaan awal kanker serviks bisa dideteksi dengan melihat sel HPV leher rahim normal atau tidak. Makanya wanita sangat dianjurkan melakukan test pap smear atau screaning untuk mengetahui leher rahim.

2. Stadium Sedang

Ciri dan tanda kanker serviks pada stadium sedang ialah sebagai berikut:

  • Terjadinya pendarahan vagina

Pendarahan vagina terjadi secara tidak normal karena bukan saat haid merupakan gejala umum kanker serviks. Pendarahan juga terjadi pasca berhubungan badan . Pendarahan vagina juga disertai dengan keputihan yang bercampur darah. Pendarahan bisa lebih lama dari waktu haid.

  • Terasa sakit saat berhubungan intim

Rasa sakit saat berhubungan intim merupakan faktor terjadinya penyakit kanker serviks.

  • Nyeri di daerah pinggul

Nyeri di daerah pinggul termasuk satu ciri yang sering dirasakan oleh penderita kanker serviks.

  • Pendarahan pasca menopause

Pendarahan pascah menopause merupakan tanda umum yang banyak dialami oleh penderita kanker serviks. Seharusnya wanita pasca menopause tidak mengalami haid, tapi justru terjadi pendarahan. Ini merupakan tanda terjadinya suatu penyakit.

  • Keputihan secara abnormal

Keputihan merupakan salah satu gejala penyakit yang salah satunya ialah penyakit kanker serviks. Keputihan dalam jumlah besar dan berbau merupakan suatu tanda terjadinya penyakit. Segera konsultasikan pada dokter jika terjadi.

  • Pendarahan yang waktunya lebih panjang

Saat sedang mengalami menstruarsi maka durasinya hanya beberapa hari. Tapi karena terjadi suatu penyakit maka waktunya menjadi lebih panjang. Bahkan bisa sampai bermingu-minggu disertai darah yang banyak dan lebih berat dari menstruasi. Ini merupakan ciri dari kanker serviks.

  • Terlalu sering buang air kecil

Wanita yang terlalu sering mengalami buang air kecil perlu dicurigai karena merupakan salah satu tanda dari kanker serviks.

3. Stadium Lanjut

Ciri dan tanda pada gejala stadium sedang terus terjadi semakin parah. Bahkan berat badan tubuh penderita semakin kurus karena terjadi banyaknya pendarahan, hilangnya nafsu makan, dan terjadinya berbagai macam gangguan pencernaan. Penderita tidak bisa melakukan segala aktivitas dengan baik.

Demikian informasi mengenai ciri dan tanda dari gejala kanker serviks. Semoga dapat bermanfaat bagi para Pembaca agar segera melakukan pemeriksaan pap smear sejak dini. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY