Kenali Ciri Tanda dan Gejala Asma pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Asma merupakan kondisi yang disebabkan oleh penyempitan saluran pernafasan kecil. Asma bisa memengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi paling sering dimulai pada masa kanak-kanak. Beberapa anak dapat memiliki faktor genetik yang mengakibatkan terjangkit penyakit ini. Hal ini berarti bahwa mereka memiliki bibit dan tendensi terhadap asma atau peradangan secara umum. Sistem imun yang sensitif dapat juga meningkatkan kemungkinan seorang anak terjangkit asma.

Asma tidak bisa disembuhkan, tetapi Anda dan anak Anda dapat mengurangi gejala dengan mengikuti sejumlah rencana tindakan pengobatan asma. Tidak semua anak memiliki gejala asma yang sama karena gejala penyakit ini dapat bervariasi dari waktu ke waktu pada anak yang sama. Berikut ciri tanda dan gejala asma pada anak:

  1. Batuk terus menerus

Iritasi pada saluran pernafasan akan menimbulkan batuk yang sering dan perlu segera kita tangani. Batuk terus menerus atau kronis yang tak kunjung sembuh, biasa terjadi ketika sedang bermain, tertawa, menangis dan bahkan di malam hari.

  1. Napas Pendek dan Sesak di Dada

Napas pendek dan dada sesak disebabkan oleh tertutupnya jalur pernapasan oleh lendir dan mengecilnya jalan udara akibat otot dada mengerut sehingga napas terasa tersengal-sengal dan tidak teratur. Biasanya hal ini diikuti dengan posisi perut yang tertarik hingga ke bawah tulang rusuk akibat kesulitan untuk mengambil napas.

  1. Suara ‘Mengi’ Ketika Menghela dan Menghembuskan Napas

Suara ‘mengi’/’mencit’ ditimbulkan karena terhimpitnya saluran napas karena otot-otot pernapasan yang berkontraksi. Ini hanyalah indikasi awal gejala asma pada anak yang dapat mengarah kepada asma kronis atau hanya sekedar virus atau infeksi saluran napas yang berlangsung sementara.

  1. Mulut membiru

Gejala asma pada anak yang harus di waspadai adalah indikasi membiru pada bagian mulut dan anak akan kesulitan berkata-kata. Kondisinya berbeda pada penderita sinusitis yang mengalami gejala halitosis atau aroma kurang sedap yang keluar dari mulut hingga perlu segera di tangani dengan obat sinusitis.

  1. Rasa Cepat Lelah

Hal ini terjadi ketika udara tidak dapat masuk ke dalam saluran pernapasan secara bebas, maka kebutuhan tubuh akan Oksigen akan berkurang. Gangguan sesak nafas akan menyebabkan anak menjadi lebih mudah lelah.

Jika anak memiliki alergi yang menjadi pemicu serangan asma, seperti hewan, makanan, debu, atau tanaman tertentu. Jauhkan pemicu tersebut dari anak. Untuk melegakan asma secara cepat, obat yang biasa digunakan adalah ‘albuterol’ atau ‘salbutamol’ yang berfungsi melebarkan saluran pernapasan secara cepat. Obat ini dapat bekerja efektif jika menggunakan alat yang disebut ‘inhaler’. Obat ini hanya bisa diberikan di bawah pengawasan dokter. Asma pada anak dapat dikontrol secara efektif dengan rencana pengobatan dan perawatan. Anak-anak yang mengidap asma diharapkan untuk beraktivitas dan berpartisipasi dalam kegiatan yang sesuai dengan usia mereka. Ajarkan anak-anak untuk memiliki kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, dan menghindari kebiasaan buruk sehari-hari. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here