Kenali Ciri Umum Remaja yang Menggunakan Zat Aditif dan Psikotropika

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana ciri umum remaja yang menggunakan zat aditif? Jika ya bagaimana ya cara kita mengenali dan mendeteksinya sejak dini? Artikel berikut akan menjadi sumber jawaban bagi Anda.

Apa Saja Ciri Umum Remaja Pengguna Zat Aditif dan Psikotropika?

Beberapa ciri umum para remaja yang menggunakan zat aditif dan psikotropika ialah sebagai berikut:

  1. Ciri umum pengguna opiat seperti misalnya morfin, heroin, dan ganja. Pemakai  narkoba jenis opiat bisa dilihat dari ciri-cirinya yang memiliki rasa senang, sikap acuh terhadap lingkungan, bersikap malas atau tidak mau bergerak, mudah mengantuk, selalu merasa mual, ketika bicara suaranya cadel, pupil pada mata semakin mengecil, memiliki gangguan perhatian dan daya ingat.
  2. Ciri umum pengguna ganja menimbulkan rasa senang dan bahagia, tubuh selalu santai dan lemah, sikap acuh pada kondisi sekitar, mata berwarna merah, nafsu makan semakin meningkat, mulut terlihat kering, kurang bisa mengendalikan diri, sering menguap, sulit  konsentrasi dan mudah merasa depresi.
  3. Ciri umum pemakai amfetamin seperti shabu dan ekstasi ialah meningkatnya rasa kewaspadaan, gairah memuncak, rasa bahagia dan senang dalam kondisi apapun, pupil mata semakin melebar, denyut nadi meningkat, sulit tidur atau penyakit insomnia, dan kehilangan nafsu makan.
  4. Ciri umum pemakai kokain ialah denyut jantung terasa cepat, selalu merasa gelisah, meningkatnya rasa gembira, terlalu banyak bicara dan bercakap-cakap, rasa waspada selalu meningkat, merasa kejang, kondisi pupil semakin melebar, tekanan darah semakin meningkat, keringat dingin selalu keluar, rasa mual dan muntah seringkali muncul, sangat sering berkelahi, terjadi perdarahan pada otak, terjadi penyumbatan pembuluh darah, mata sering bergerak tidak terkendali, distonia atau terjadi kekakuan otot leher.
  5. Ciri umum pengguna alkohol bisa dilihat dari cara bicara cadel, ketika berjalan sempoyongan, wajah terlihat kemerahan, selalu banyak bicara, sangat mudah marah, sering mengalami gangguan konsentrasi, dan nafas selalu berbau alkohol.

Ciri umum pengguna zat aditif dan psikotropika mengenai perilaku yang bisa dilihat ialah sebagai berikut:

  1. Lebih suka menyendiri.
  2. Selalu melalaikan tanggung jawab.
  3. Sering merasa emosional atau mudah sekali marah.
  4. Sering melakukan pembangkangan.
  5. Sering berbohong.
  6. Sering mengkhayal.
  7. Pola tidur berantakan dan lebih suka tidur di pagi hari.
  8. Selalu malas dalam mengurus penampilan diri tubuh.
  9. Selalu sensitif, riskan tersinggung, dan suka marah.
  10. Jalannya sempoyongan sebab terjadi gangguan saraf pusat.

Demikian informasi mengenai ciri umum remaja yang menggunakan zat aditif dan psikotropika. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca agar dapat memantau putra-putrinya yang remaja sejak dini. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY