Kenali Efek Samping Asam Folat Bagi Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com– Sahabat Pembaca, asam folat dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik bagi kecerdasan anak. Tapi kalau berlebihan ternyata juga menimbulkan efek samping. Lalu apa efek samping asam folat yang berlebihan bagi tubuh.

Apa Saja Efek Samping Asam Folat Bagi Tubuh?

  • Penyerapan Vitamin B12 yang Buruk

Jika mengkonsumsi asam folat berlebihan, maka penyerapan B12 akan lebih buruk bagi tubuh. Jika vitamin B12 dalam tubuh kurang maka akan berpengaruh buruk bagi pembentukan saraf pada janin.

  • Terjadi Mati Rasa

Efek jangka panjang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat akan menurunkan vitamin B12 sehingga sistem pada bagian tubuh kian lama kian rusak dan bisa menimbulkan tubuh seperti mati rasa. Kurangnya vitamin B12 sangat berbahaya bagi tubuh.

  • Sering Kelelahan

Terlalu banyak mengkonsumsi asal folat akan membuat tubuh sering merasa kelelahan yang berlebihan. Akibatnya aktivitas akan sering terganggu karena sering merasa lelah.

  • Tubuh Kejang

Apabila mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang berlebihan akan cenderung membuat tubuh kejang karena sistem organ tubuh akan terhambat.

  • Resiko Hipertensi

Jika Anda mengkonsumsi asam folat terlalu banyak akan membuat tekanan darah terus meningkat dan bisa menimbulkan darah tinggi.

  • Mual dan Muntah

Mengkonsumsi asam folat yang berlebihan akan menimbulkan sistem pencernaan terganggu karena asam lambung terus bertambah banyak. Jika asam lambung berlebihan maka akan terasa mual dan terasa ingin muntah seperti para penderita magh pada umumnya.

  • Insomnia atau Kurang Tidur

Asam folat yang berlebihan mengakibatkan insomnia atau sulit tidur. Bahkan asam folat juga bisa mengganggu fungsi saraf dan hati.

  • Diare

Konsumsi asam folat yang berlebihan membuat pencernaan terganggu dan cenderung mengakibatkan diare. Jika berangsur-angsur terjadi diare maka akan mengakibatkan kondisi kurang cairan atau cepat lelah.

  • Iritasi Pada Kulit

Asam folat yang berlebihan menimbulkan iritasi pada kulit sehingga muncul ruam dan bintik merah. Asam folat yang berlebihan juga membuat aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh sehingga meningkatkan infeksi maupun bakteri sehingga kulit gatal dan iritasi. Alergi pun bisa terjadi karena kelebihan asam folat sehingga jaga asupan asam folat agar tidak berlebihan.

  • Sering Kesemutan

Kondisi kesemutan terjadi karena kadar B12 kurang. Asupan asam folat yang berlebihan membuat penyerapan B12 dalam tubuh berkurang dan terhalang.

Demikian infromasi mengenai efek samping asam folat bagi tubuh, semoga dapat bermanfaat bagi para Pembaca untuk menjaga konsumsi asam folat. Paradigma masyarakat sering menganggap bahwa asam folat sangat baik bagi tubuh terutama bagi kecerdasan anak, tapi jika berlebihan juga tidak baik. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY