Kenali Gejala Iritasi Usus pada Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seorang anak-anak terkadang memang sulit untuk menceritakan keluhannya pada orang tua dan perlu sekali orang tua yang memeng harus bersikap aktif untuk memperhatikan anaknya. Dalam beberapa bulan jika seorang anak terlihat sering mengalami masalah Buang Air Besar dan kadang terlihat mereka mengalami seperti diare tetapi juga bisa sebaliknya ia mengalami sulit untuk Buang Air Besar, nyeri perut dan ketidaknyamanan berlangsung paling tidak 1 kali dalam seminggu dalam kurun waktu sekitar 2 bulan terakhir  anda perlu mencurigai anak anda mungkin saja menderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus. Ciri utama IBS ada 2 yaitu:

  1. Rasa yang tidak nyaman di perut  atau sakit perut membaik setelah BAB dan timbulnya berhubungan dengan perubahan frekuensi BAB atau perubahan bentuk tinja.
  2. Tidak ada bukti peradangan, kelainan anatomi, metabolik atau proses keganasan. Gejala lain yang memang terkadang menyertai adalah pengeluaran fases atau tinja yang abnormal (mengejan, kebelet atau perasaan BAB tidak tuntas). Keluar lendir dan kambung.

Gejala infeksi usus

  1. Tidak nafsu makan, sistem pencernaan akan mulai meradang. Kehilangan nafsu makan merupakan gejala infeksi usus yang sering terjadi serta menjadi tanda adanya masalah pencernaan lainnya.
  2. Mual, dan akan menghilangnya nafsu makan dan sering disertai dengan mual, biasanya digambarkan dengan sebagai perasaan ingin muntah.
  3. Sakit perut, ketika infeksi menjadi lebih parah akan tetapi seseorang akan merasakan nyeri atau sakit didaerah perutnya. Dan tingkat keparahannya yaitu rasa sakit yang akan tergantung pada lokasi dan penyebab infeksi usus.
  4. Kram perut. Bakteri yang menyebabkan infeksi biasanya akan menyebabkan kram diperut,dan kram ini akan sering berlangsung selama 3-4 menit pada suatu waktu dan dapat menjadi semakin parah dan akan semakin sering.
  5. Badan yang panas akan menjadi suatu penyebab terjadinya infeksi. Tidak hanya infeksi usus saja ketika terjadi gangguan infeksi usus.
  6. Jika ada seseorang yang memang memiliki nafsu makan yang tidak baik, mungkin saja ia akan merasakan sembelit. Hal ini juga menjadi gejala infeksi usus yang sering terjadi karena adanya cacing dalam usus.
  7. Ketika seseorang mengalami diare maka patogen (organisme penyebab) bergerak lebih jauh kedalam saluran pencernaan. Maka akan menyebabkan diare karena adanya iritasi pada usus ataupun tubuh yang berusaha untuk membersihkannya dengan cara membuangnya lewat BAB. Maka ini juga termasuk infeksi usus yang paling sering terjadi.
  8. Sakit kepala. Seiring dengan demam dan terjadinya dehidrasi karena diare dan kurang cairan, sakit kepalapun dapat muncul dan poin-poin itulah yang merupakan gejala umumnya, untuk lebih spesifik, maka kita dapat menyesuaikan dengan penyebabnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here