Kenali Gejala ISPA dan Cara Penyembuhannya

SehatFresh.com – Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) adalah infeksi yang dapat berlangsung hingga 14 hari. Penyebab yang ditimbulkan ialah akibat virus dan bakteri. Infeksi ini juga sering dialami oleh anak. Maka para orang tua harus bisa menyadari hal yang ditimbulkan jika terjadi infeksi saluran pernpasan pada anak.

Kematian yang disebabkan oleh penyakit ISPA cukup tinggi (20-30%) dan perlu dicatat bahwa penyakit ISPA merupakan masalah kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Bagi yang mengalami kelainan sistem kekebalan tubuh dan juga orang yang lanjut usia akan lebih mudah terserang penyakit ini. Terlebih lagi pada anak-anak, di mana sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sepenuhnya.

Tanda dan Gejala ISPA

Menurut Widoyono (2008:155), seorang anak yang menderita ISPA bisa menunjukan bermacam-macam tanda dan gejala seperti batuk, bersin, serak sakit tenggorokan, sakit telinga, keluar cairan dari telinga, sesak nafas, pernafasan yang cepat, nafas yang berbunyi, penarikan dada ke dalam, bisa juga mual, muntah, tidak mau makan, badan lemah, dan sebagainya.

Tanda dan Gejala ISPA ringan

Tanda dan gejala untuk ISPA ringan antara lain batuk, pilek, suara serak, dengan atau tanpa panas, atau demam. Tanda yang lainnya yaitu keluarnya cairan dari telinga yang lebih dari dua minggu, tanpa rasa sakit pada telinga.

Tanda dan Gejala ISPA sedang

Tanda dan gejala ISPA sedang hampir sama dengan tanda dan gejala pada ISPA ringan, ditambah satu atau lebih tanda dan gejala seperti pernafasan yang lebih cepat (lebih dari 50 kali per menit), wheezing (nafas menciut-ciut), dan panas 39oC atau lebih, sakit telinga, keluarnya cairan dari telinga yang belum lebih dari dua minggu, sakit campak.

Tanda dan Gejala ISPA berat

Tanda dan gejala ISPA berat meliputi tanda dan gejala ISPA ringan atau sedang ditambah dengan penarikan nafas yang berat, stridor, dan tidak mampu atau tidak mau makan. Selain itu kulit menjadi kebiru-biruan (sianosis), nafas cuping hidung (cuping hidung ikut bergerak kembang kempis waktu bernafas), kejang, dehidrasi, kesadaran menurun, terdapatnya membran (selaput) difteri.

Berikut beberapa obat herbal untuk menangani ISPA :

  • Jahe

Jahe berkhasiat untuk meredakan sakit, peluruh dahak dan angin, pereda batuk, antiradang, dan melancarkan sirkulasi darah.

  • Pegagan

Pegagan berkhasiat untuk menurunkan panas, tonik, membersihkan racun, antiinfeksi. Pegagan merah dapat kita temui di daerah bebatuan yang kering dan terbuka, sedangkan pegagan hijau dapat kita temui di daerah yang sedikit lembap dan sedikit ternaungi seperti pada pesawahan.

  • Kencur

Tanaman ini memang tergolong tanaman yang memang banyak dijadikan sebagai bahan obat dan tergolong kedalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Kencur berkhasiat untuk meredakan batuk, menambah nafsu makan, penyegar, peluruh dahak, penghangat.

Sumber gambar : dokterintan.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY