Kenali Gejala Leukimia Pada Anak

SehatFresh.com – Penyakit leukimia merupakan salah satu penyakit paling mematikan setelah penyakit jantung. Leukemia bukan satu-satunya kanker darah ada kanker lymphoma yang menjangkit sistem limfa ataupun myeloma yang dapat menyerang sel plasma dalam tubuh akan tetapi leukemia merupakan kanker darah yang membahayakan. Penyakit yang lebih dikenal dengan kanker darah ini disebabkan karena adanya pertumbuhan atau transformasi yang terjadi secara tidak wajar pada sel darah putih (leukosit) dan menyebabkan pertumbuhan sel darah putih yang tidak terkendali. Produksi sel darah putih yang berlebih ini tentunya menyebabkan kondisi yang tidak normal dalam tubuh, seperti menekan sel darah merah.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan menjangkit manusia dari semua ras dan juga etnis, tak terkecuali anak-anak. Bahkan sepertiga kematian anak yang berusia di bawah 15 tahun disebabkan karena leukimia. Di Indonesia sendiri tingkat penderita leukimia cukup tinggi. Tercatat 60% diantaranya telah memasuki stadium lanjut. Hal ini dikarenakan keterlambatan penanganan, karena minimnya pengetahuan orangtua mengenai gejala kanker darah. Sehingga menyebabkan sang anak terlambat menadapat penanganan yang tepat.

Penyebab leukemia belum diketahui secara pasti, namun diketahui beberapa faktor yang dapat mempengaruhi frekuensi leukemia, seperti:

  1. Anak mengalami kelainan yang diwariskan atau memiliki masalah pada sistem kekebalan.
  2. Memiliki saudara atau kembar identik yang mengalami leukimia.
  3. Anak yang terkena radiasi tingkat tinggi, bahan kimia yang berbahaya seperti benzena dan juga kemoterapi.
  4. Anak yang pernah mengalami transplantasi organ.
  5. Virus yang dapat menyebabkan leukimia seperti virus leukemia atau retrovirus.

Selain mengetahui faktor yang menyebabkan leukimia, kita sebagai orangtua juga harus tahu tanda dan gejala yang timbul pada penderita leukimia atau kanker darah.

  • Pucat

Anak yang wajah atau tubuhnya pucat seringkali dihubungkan dengan anemia. Anak yang mengalami leukemia seringkali mengalami anemia juga yang ditandai dengan ciri-ciri muka pucat, mengalami lemas, dan gampang lelah.

  • Anak mengalami demam yang berkepanjangan

Salah satu tanda bahwa anak menderita leukimia ialah anak mengalami demam yang berkepanjangan. Anak yang mengalami demam berkepanjangan disebabkan sel darah putih yang tidak dapat berfungsi seperti semestinya. Demam dan infeksi bisa saja menjadi tanda awal leukemia. Demam yang menjadi pertanda leukemia seringkali pada suhu 38 derajat celcius dan sering terjadi pada anak.

  • Mengalami pembengkakan

Gejala awal anak yang mengalami leukemia adalah pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pembengkakan seringkali terlihat di dada, ketiak dan leher. Pembengkakan pada anak penderita leukimia berlangsung beberapa hari.

  • Anak mengalami sakit tulang

Anak yang mengalami leukimia akan mengeluhkan sakit tulang tanpa sebab bahkan semakin memburuk karena sel-sel darah putih yang abnormal terjadi di sumsum tulang.

  • Mudah berdarah dan memar

Anak yang mengalami leukemia seringkali mudah berdarah dan memar karena pembekuan darah. Bahkan seringkali mengalami mimisan, pendarahan gusi, dan bintil merah di tubuh.

Penanganan yang tepat ialah bawa anak Anda ke dokter. Semakin cepat anak Anda mendapat penanganan yang tepat, akan semakin besar baik.

Sumber gambar : www.SehatFresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY