Kenali Gejala Penyakit Herpes pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tahukah anda apa itu penyakit herpes? Herpes merupakan salah satu penyakit kelamin yang menular. Perlu anda ketahui bahwa penyakit herpes ini disebabkan oleh virus herpes simpleks yang ditularkan dan menyebar melalui hubungan seks tanpa kondom atau seks oral dan berciuman.

Setelah seseorang terinfeksi maka virus ini akan berada di dalam tubuh dalam waktu yang lama kecuali disembuhkan. Infeksi pada kulit yang disebabkan virus ini dapat menyebabkan kekambuhan, jika imun tubuh jelek bahkan bisa sampai dua atau tiga kali dalam sebulan. Perlu anda kenali juga gejala penyakit herpes pada pria yang paling umum muncul meliputi:

  1. Gejala mirip penyakit flu, seperti demam, kelelahan, pusing kepala dan anggota badan terasa sakit dan linu.

Gejala herpes yang satu ini, menyebabkan para penderitanya tidak menyadari bahwa mereka sudah terinfeksi virus herpes. Karena gejalanya hampir sama dengan gejala penyakit flu. Setelah sembuh dari gejala ini biasanya penderita melakukan hal-hal yang dapat menularkan virus herpes.

  1. Bintil di penis

Gejala penyakit herpes genital pada pria meliputi bintil kecil di sekitar penis. Bintil di penis sebenarnya merupakan hal umum. Bintil gejala penyakit herpes biasanya kecil berwarna kemerahan dan bertekstur padat, berisi cairan putih atau transparan. Kutil ini bisa muncul terpisah satu per satu atau secara berkelompok. Bintil herpes bisa juga muncul di kulit tubuh lainnya, seperti bokong, paha dan lengan hingga di area sekitar mulut. Jika kontak pertama anda dengan virus adalah melalui seks oral atau berciuman.

  1. Luka pada kulit penis

Bintil gejala penyakit herpes pada akhirnya akan pecah dan menyebabkan luka borok terbuka yang basah dan terasa perih. Infeksi herpes berada di tahap yang paling menular selama pembentukan luka borok. Luka dapat tetap terbuka selama satu sampai empat hari. Lama kelamaan kemudian akan muncul kerak di pinggiran luka, yang akan mengeras menjadi kopeng. Dalam dua sampai tiga hari, kulit baru akan terbentuk di bawah kopeng. Proses ini akan menyebabkan kulit retak dan timbul pendarahan dari kopeng, serta kulit terasa rasa nyeri, gatal atau kering bersisik. Dalam beberapa hari, keropeng yang terbentuk pada luka borok herpes akan mengelupas dan memperlihatkan kulit baru dan bebas virus di bawahnya. Waktu penyembuhan berlangsung selama sekitar tiga sampai tujuh hari.

4. Nyeri atau terasa seperti terbakar saat buang air kecil

5. Kesemutan dan gatal-gatal di daerah alat kelamin

Hal ini disebabkan virus sudah mulai merusak jaringan kulit yang ada di kelamin dan menyebabkan gatal-gatal atau seperti kesemutan.

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening yang berada di selangkangan

Terjadinya pembengkakan pada daerah selangkangan disebabkan virus herpes genitalis yang menyerang daerah genital saja. Namun jika pembengkakan terjadi daerah lain, bisa jadi berbeda jenis virus herpesnya. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here