Kenali Gejala Tumor Payudara Sejak Dini untuk Peroleh Pengobatan Tepat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Terdapat beberapa penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi kalangan wanita masa kini, diantaranya adalah tumor baik jinak maupun ganas bahkan beberapa sering berkembang lebih cepat menjadi kanker. Salah satu yang begitu populer bahkan telah menelan banyak jiwa adalah tumor payudara. Terdapatnya benjolan didalam payudara ini biasanya juga merupakan dampak dari tidak stabilnya hormon dalam tubuh terutama hormon reproduksi. Semua kalangan memiliki resiko untuk dapat mengidap tumor jenis ini, sebenarnya tidak hanya kaum wanita saja melainkan juga pria. Pertumbuhan sel liar yang dikenal sebagai tumor pada organ vital ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor baik dari dalam berupa hormon seperti yang telah disampaikan pada kalimat sebelumnya, dan juga dari luar berupa berbagai faktor resiko termasuk gaya hidup. Ada hal yang jauh lebih penting untuk diketahui oleh semua pembaca, bahwa kita harus kenali gejala dan pengobatan tumor sehingga kondisi tersebut akan dapat ditangani dengan baik.

Cara untuk dapat mengenali adanya tumor payudara sejak dini kini memang telah dikenalkan bahkan untuk kalangan remaja, mengingat begitu ganasnya tumor yang dapat menyebabkan kematian. Beberapa nyawa tidak tertolong hanya karena terlambatnya penyakit ini diketahui, sehingga terlambat pula penanganannya. Istilah “Sadari” adalah cara sederhana mengenali gejala tumor payudara. Berikut ini adalah rangkaian dalam melakukan Sadari secara mandiri:

  1. Pastikan langkah ini dilakukan setelah masa mestruasi berakhir, kurang lebih 6-7 hari setelah selesai menstruasi
  2. Berdirilah dihadapan sebidang cermin, usahkan dengan ukuran cermin yang menampilkan bagian dada.
  3. Bersihkan bagian payudara, atau lakukanlah setelah mandi
  4. Raba dengan sedikit menekan secara memutar dari bagian dalam keluar payudara
  5. Setelah permukaan payudara, maka raba juga sampai dengan bagian ketiak
  6. Lakukan ini untuk bagian kanan dan kiri
  7. Lihatlah simetris tidaknya kedua payudara
  8. Jika ditemukan benjilan maka sebaiknya berikan tekanan tambahan, kemudian rasakan adanya nyeri
  9. Bersihkan kembali dan rapikan pakaian kembali

Sembilan langkah sederhana ini dapat dilakukan secara mandiri. Tetapi jika terdapat keraguan dapat dilakukan pemeriksaan melalui layanan kesehatan terdekat. Jika terdapat benjolan mencurigakan maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Dan penting diingat tidak hanya pada bagian payudara tetapi keberadaan benjolan sel liar ini bisa jadi ada diarea sekitarnya sampai dengan ketiak.

Melakukan upaya pemeriksaan dini terhadap adanya gejala tumor payudara ini dapat menjadi langkah antisipasi untuk menentukan upaya pengobatan. Adanya kaitan antara gejala dan pengobatan tumor jelas sangat terkait. Terutama ketika tumor masih dalam fase ringan maka pengobatan yang dilakukan juga lebih sederhana. Begitu pula sebaliknya, karena semakin ganas kondisi tumor tersebut maka pengobatan yang harus ditempuh bahkan resiko yang harus dialami diantaranya adalah pengangkatan payudara. Begitu pentingnya untuk selalu waspada dan melakukan berbagai upaya kesehatan terutama untuk deteksi penyakit sejak dini. (WDA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY