Kenali Jenis Makanan untuk Pertumbuhan Tulang Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa remaja adalah periode dari pertumbuhan dan proses kematangan manusia, pada masa ini terjadi perubahan yang sangat unik dan berkelanjutan. Pada masa remaja, pertumbuhan tulang akan mencapai masa puncaknya. Kekurangan asupan zat gizi maupun nutrisi terutama vitamin D mampu membuat pertumbuhan tulang tidak optimal, bahkan dapat menyebabkan osteoporosis. Lantas jenis makanan apa saja untuk pertumbuhan tulang pada remaja?

  1. Produk olahan susu

Produk olahan susu memiliki dua kandungan gizi penting untuk perkembangannya, yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium memiliki manfaat yaitu membangun jaringan tulang selama mengalami proses pubertas. Paling tidak, sebanyak 1.300 mg kalsium per hari harus dikonsumsi bagi remaja usia puber antara 13 sampai 19 tahun. Sedangkan untuk vitamin D, usia puber membutuhkan setidaknya 600 mg dalam sehari. Kebutuhan ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi produk olahan susu baik itu yang berupa makanan atau minuman seperti Yoghurt, es krim, permen susu, keju, susu kental manis dan susu bubuk.

  1. Susu

Susu adalah makanan peninggi badan yang memberikan kalsium serta vitamin D. Susu juga mengandung vitamin A yang dapat memelihara kalsium dalam tubuh. Bagi remaja, sebaiknya konsumsi susu rendah lemak dan mengandung protein.

  1. Buah-buahan

Buah–buahan memiliki nutrisi yang sangat banyak, tidak hanya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi dapat membuat tinggi badan bertambah. Buah-buahan yang dapat dikonsumsi adalah pepaya, pisang, mangga dan semangka.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah makanan yang tidak kalah baik untuk menjaga pertumbuhan tulang. Beberapa sayuran hijau baik untuk tulang yaitu daun kale, lettuce dan beragam sayuran hijau lainnya. Jenis sayuran ini memang kaya akan beragam kandungan vitamin, seperti vitamin K yang sangat baik untuk menambah dan menjaga kepadatan.

  1. Kedelai

Protein murni yang terkandung dalam kedelai dapat meningkatkan massa tulang dan jaringan. Bagi remaja yang sedang meningkatkan tinggi badan, direkomendasikan untuk mengonsumsi 50 gram kedelai setiap hari.

  1. Telur

Telur adalah sumber protein yang tidak berbahaya bagi tubuh, bahkan dikonsumsi setiap hari. Bagi anda yang peduli mengenai kandungan kolesterol pada telur, anda dapat memilih Omega-3 telur atau bisa juga dengan mengonsumsi putih telurnya saja. Makanlah 3 butir telur setiap hari untuk meningkatkan keseluruhan pertumbuhan anda. Selain itu, rambut anda juga akan ternutrisi dengan baik.

  1. Ayam

Ayam merupakan salah satu sumber protein tertinggi diantara sumber hewani. Bahkan menyediakan sebagian besar protein untuk membangun jaringan dan otot pada tubuh.

  1. Pati dan biji-bijian

Mengandung vitamin B, serat, zat besi, magnesium dan selenium. Karena pati dan biji-bijian menyediakan kalori yang diperlukan, maka harus ditingkatkan konsumsinya, terutama pada saat usia remaja ini. Beras, beras merah, popcorn, gandum dan pasta gandm bermanfaat bagi pertumbuhan badan yang tepat.

  1. Ikan

Salah satu makanan peninggi badan terbaik adalah ikan. Salmon dan tuna adalah dua jenis ikan yang sangat kaya akan vitamin D dan protein.

  1. Daging

Daging yang dikonsumsi harus daging merah, yaitu daging sapi karena pada daging sapi mengandung protein dan zat besi serta vitamin B kompleks yang dapat membuat tinggi badan bertambah. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here