Kenali Kebiasaan Buruk Pria yang Dapat Merusak Kualitas Sperma

0
4
www.sehatfresh.com

Sehatfresh.com – Sahabat Pembaca, pasti banyak yang bertanya mengapa pasangan tak kunjung hamil? Ternyata salah satunya ialah karena rusaknya kualitas sperma. Lalu apa saja kebiasaan buruk yang dapat merusak kualitas sperma?

Mengapa Kualitas Sperma Buruk?

Banyak kebiasaan buruk yang banyak tidak disadari oleh para pria yang justru membuat kualitas sperma menurun sebagai berikut:

  1. Memangku Laptop

Kebiasaan memangku laptop menurut peneliti dari New York University di Stony Brook, sangat berhubungan dengan peningkatan suhu skrotum. Memangku laptop dalam waktu yang lama akan mengakibatkan adanya hambatan spermatogenesis atau proses pembentukan gamet jantan.

  1. Pemilihan Celana Dalam yang Salah

Penggunaan celana dalam yang ketat seperti bicycle pants atau skinny jeans dalam waktu yang lama sangat  memperburuk kondisi testis untuk memproduksi sperma. Sebaiknya para pria menggunakan celana dalam model boxer yang cukup besar sehingga tidak mempengaruhi perubahan jumlah sperma.

  1. Kebiasaan Begadang

Kebiasaan begadang atau kurang tidur sangat bermasalah bagi kesehatan dan dapat merusak kualitas sperma. Pria yang tidur kurang dari enam jam sehari akan cenderung mengalami penurunan kesuburan. Saat kurang tidur berarti waktu pembentukan testosteron juga sangat terhambat.

  1. Terlalu Sering Minum Soda

Minuman bersoda sangat merusak kualitas dan produksi sperma. Kemampuan sperma dalam bergerak dalam rahim untuk membuahi sel telur di tuba falopii akan sangat berkurang. Kandungan gula dalam minuman bersoda sangat menyebabkan resistensi insulin. Dapat juga terjadi peradangan yang membuat pergerakan sperma menjadi lebih terhambat. Kebiasaan minum juga dapat menyebabkan kegemukan. Kegemukan juga dapat bermasalah untuk kesuburan pria.

  1. Kebiasaan Meminum Alkohol

Kebiasaan minum alkohol dapat menyebabkan risiko kesehatan yang dapat menurunkan kadar testosteron. Alkohol sangat mengakibatkan terjadinya disfungsi ereksi, menurunkan produksi sperma, dan menurunkan tingkat mobilitas sperma.

  1. Sering Stres

Stres yang sering dialami pria sangat mengganggu hormon reproduksi. Stres juga menjadi salah satu perusak kesuburan pada pria, terlebih jika tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat.

  1. Kebiasaan Mengantongi Ponsel di Celana

Apabila Anda memiliki kebiasaan mengantongi ponsel di saku celana akan sangat berdampak buruk pada sperma. Radiasi ponsel sangat menghambat pergerakan sperma. Panas ponsel juga menaikkan suhu pada skrotum sehingga produksi sperma akan sangat berkurang. Sehingga disarankan untuk membawa tas kecil sebagai tempat menyimpan ponsel atau bisa juga disaku jaket.

  1. Narkoba dan Rokok

Ganja dan tembakau dapat memperlambat keluarnya sperma, merusak kualitas DNA sperma, dan bisa mengakibatkan impotensi. Ganja atau narkoba juga dapat mengurangi jumlah sperma, fungsi kualitas sperma, dan kurangnya kesuburan pria.

Demikian informasi mengenai kebiasaan buruk pria yang dapat mengakibatkan rusaknya kualitas sperma. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY