Kenali Kista Ganglion dan Gejala- Gejalanya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai kista ganglion, ada baiknya kita mengenal penyakit kista secara umum. Kista adalah tumor jinak yang sering ditemui, biasanya kista berisi cairan atau nanah. Ada dua jenis kista, yaitu kista non-neoplastik dan kista neoplastik dimana kista non-neoplastik ini adalah kista yang tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya, sebaliknya dengan kista neoplastik. Kista yang berada di ovarium itu adalah kista neoplastik yang berbahaya dan harus segera dioperasi.

Lalu, apakah kista ganglion itu? Mungkin sebagian dari pembaca belum pernah mendengar tentang penyakit ini. Memang, penyakit ini rasanya masih kurang familiar dan dikenal. Kista ganglion adalah semacam benjolan yang sering ditemui di sepanjang tendon atau sendi pergelangan tangan atau kaki pada umumnya, namun bisa saja muncul pada sendi yang lain. Benjolan ini bukan kanker dan di dalamnya terdapat cairan. Biasanya kista ini terjadi pada seseorang yang berumur antara 20 sampai 50 tahun, Resiko terkena penyakit ini pada wanita adalah tiga kali lebih besar disbanding pada pria.

Penyebab pasti dari kista ganglion ini sendiri belum dapat diketahui dengan pasti, walaupun menurut beberapa sumber, kista ganglion bisa saja disebabkan oleh banyaknya aktifitas olahraga berat seperti angkat beban. Selain olah raga, terdapat juga kemungkinan orang- orang yang sering melakukan aktifitas seperti bermain music dapat menimbulkan penggunaan sendi yang terlalu berlebihan yang bisa menyebabkan kista ganglion tersebut, ada juga beberapa sumber yang mengatakan bahwa penyebab kista ini adalah karena patah tulang, benturan, pembengkakan di atas punggung tangan, atau mungkin juga disfungsi salah satu saraf di pergelangan tangan.

Namun,sering ditemukan kasus di mana penderita kista ganglion tidak perlu berobat dan akan sembuh sendiri. Bahkan kista ini juga tidak menimbulkan rasa sakit pada penderitanya. Jika pembaca mengalami gejala- gejala seperti adanya benjolan di pergelangan tangan yang seperti berisi cairan dan tidak terasa sakit, mungkin saja pembaca sedang terkena kista ganglion. Kadang, ada juga kista ganglion yang tidak menyebabkan benjolan. Pasien dapat mengetahui bahwa dirinya terkena kista ganglion setelah dilakukan USG.

Sebetulnya kista ganglion tidak berbahaya, namun apabila kista semakin membesar dan menimbulkan rasa sakit, maka ada baiknya dilakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter Anda.Jika dirasa perlu, dokter akan menyarankan untuk operasi agar kista tidak menyebar keseluruh tubuh.

Selain operasi, dewasa ini banyak sekali toko obat baik yang online maupun tatap muka langsung yang menawarkan obat untuk menyembuhkan kista ganglion ini. Jika pembaca ingin menggunakan obat tersebut, sebaiknya dipilih dengan jeli dan seksama. Pilihlah obat dengan bahan alami dan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY