Kenali Kode pada Botol Plastik serta Dampak Bagi Kesehatan Kita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda pasti sudah sering menggunakan botol plastik. Mulai dari minuman ringan atau air mineral yang Anda konsumsi juga memanfaatkan botol plastik sebagai kemasannya. Namun apakah Anda pernah memperhatikan ternyata masing- masing botol plastik memiliki kode tertentu? Biasanya kode tersebut terletak di bagian bawah botol plastik.

Berikut di bawah ini adalah macam- macam kode pada botol plastik dan arti masing- masing kode:

  1. PET

Kode PET atau Polyethylene Terephthalate ditandai dengan logo daur ulang dan di tengah logo tersebut tertera angka 1 serta terdapat tulisan PETE di bagian bawah logo.

Biasanya yang menggunakan kode PET tersebut adalah hampir semua botol minuman yang jernih dan tembus pandang. Arti dari penggunaan kode PET tersebut adalah bahwa botol plastik tersebut hanya dapat digunakan sekali pemakaian. Sama sekali botol tersebut tidak direkomendasikan untuk pengisian ulang karena saat digunakan berulangkali apalagi jika digunakan untuk air panas maka lapisan polimer yang terdapat pada botol plastik tersebut akan meleleh sehingga mengeluarkan zat berbahaya penyebab kanker yaitu zat karsinogenik.

  1. HDPE

Selanjutnya adalah HDPE atau High Density Polyethylene. Biasanya kode tersebut tertera di botol susu yang berwarna putih, galon air minum, Tupperware dan lain sebagainya. Ciri dari kode HDPE adalah logo daur ulang yang di tengahnya terdapat angka 2. Di bawah logo segitiga daur ulang tersebut terdapat tulisan HDPE.

Botol plastik dengan kode HDPE menggunakan bahan plastik yang aman. Bahan plastik tersebut memiliki kemampuan untuk mencegah reaksi kimia berbahaya. Walaupun begitu, para ahli merekomendasikan penggunaan botol plastik dengan kode HDPE ini juga untuk sekali pemakaian saja.

  1. V

Kode V atau Polyvinyl Chloride menjelaskan bahwa plastik yang digunakan merupakan jenis bahan plastik yang sulit untuk didaur ulang. Penggunaan bahan plastik ini memang tidak sebagai kemasan makanan atau minuman karena bisa terjadi reaksi berbahaya antara PVC dengan makanan atau minuman yang dikemas menggunakan botol plastik dengan kode ini. Reaksi kimia tersebut dapat membahayakan kesehatan hati dan ginjal.

  1. PP

Pilihan botol plastik dengan kode seperti ini adalah pilihan yang paling tepat sebagai kemasan air minum yang dapat digunakan berulangkali. Kode ini ditunjukkan dengan logo daur ulang dan di bagian tengah terdapat angka 5 serta di bagian bawah logo daur ulang terdapat tulisan PP. Botol plastik dengan kode tersebut mampu bertahan terhadap lemak serta suhu tinggi.

Jadi jika selama ini Anda memiliki kebiasaan untuk mengisi ulang air minum pada kemasan yang memiliki kode tidak aman maka segeralah mengubah kebiasaan tersebut karena berdampak kurang baik bagi kesehatan Anda apabila dilakukan dalam jangka waktu lama dan terus- menerus. (AYK)

NO COMMENTS