Kenali Lemak Baik dan Jahat Dalam Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di dalam tubuh Ada yang namanya lemak baik dan lemak jahat. Apa bedanya? Lemak baik adalah lemak yang memberikan energi bagi tubuh, sedangkan Lemak jahat membuat tubuh memproduksi kolesterol jahat, yang dapat menyebabkan timbulnya masalah kesehatan.

Apa itu lemak baik?

Lemak baik kadang-kadang disebut dengan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh datang dalam dua bentuk, yaitu  tunggal dan ganda. Lemak tak jenuh ganda ada dua macam yaitu omega-3 dan omega-6. Lemak tersebut dikenal sebagai asam lemak esensial. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak esensial, sehingga perlu mendapatkannya dari asupan makanan.

Lemak baik atau lemak tak jenuh membantu menjaga arteri atau pembuluh tetap bersih. Selain itu juga membantu menghasilkan kolesterol baik dan bergerak di sekitar tubuh yang berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Fungsi lain dari lemak tak jenuh adalah mengurangi kolesterol jahat, yang bisa menyebabkan masalah jantung. Perlu diketahui progtam diet dengan lemak tak jenuh dapat membantu menghindari timbulnya masalah jantung di kemudian hari.

Apa itu lemak jahat?

Lemak jahat umumnya datang dalam bentuk lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jahat dapat membuat tubuh memproduksi kolesterol lebih buruk, dan dapat mengurangi kolesterol baik.  Selain itu lemak jahat juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung di kemudian hari.

Bagaimana cara mendapatkan lemak baik?

Pertama, anda dapat menemukan lemak baik dari Lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Lemak tak jenuh tunggal ini dapat anda peroleh dari bahan makanan berikut:

  • Minyak seperti zaitun, canola, dan minyak biji anggur
  • Daging tanpa lemak
  • Kacang dan biji-bijian
  • Alpukat

Kedua, anda bisa mendapatkan lemak baik dari Lemak tak jenuh ganda. Lemak ini dapat anda dapatkan dari ikan berminyak seperti tuna dan salmon. Lemak tak jenuh ganda dapat menurunkan kolesterol, tetapi hanya pada saat menggantikan lemak jenuh dalam makanan sehari-hari. Lemak ini juga dapat melakukan hal tersebut lebih baik daripada jenis lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini juga baik untuk jantung, mata, sendi, dan kesehatan mental.

Dari mana kita bisa mendapatkan lemak jahat atau lemak jenuh?

Lemak jenuh tidak memiliki manfaat bagi kesehatan. Lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Anda mendapatkan lemak jenuh dari:

  • Minyak kelapa dalam makanan olahan, seperti keripik dan biskuit
  • Produk hewani, seperti lemak daging
  • Produk susu penuh lemak, seperti krim dan mentega

Fakta tentang lemak baik dan lemak jahat

Anda tidak dapat membuat asam lemak esensial dalam tubuh. Jadi, penting untuk tetap memasukkan lemak dalam menu makanan sehari-hari sebagai bagian dari diet yang seimbang.

Beberapa makanan olahan dan produk hewani, terutama makanan cepat saji yang digoreng, umumnya memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Hal ini juga akan mempengaruhi peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

Bagi anda yang suka dengan vegetarian dapat memilih telur atau bahan makanan lain yang diperkaya dengan omega 3 untuk mendapatkan asam lemak esensial. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here