Kenali Makanan Sehat untuk Pengidap Kanker Serviks

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan sehat merupakan makanan yang mengandung gizi seimbang dan kaya serat seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan tubuh.

Tidak hanya dibutuhkan oleh orang dengan kondisi sehat tetapi juga sangat dibutuhkan oleh para pengidap kanker serviks. Penderita kanker serviks membutuhkan intake makanan yang sehat untuk kebutuhan gizi selama menjalani pengobatan dan penyembuhan.

Makanan yang sehat juga diperlukan untuk meningkatkan berat badan dan protein tubuh sehingga dapat menurunkan kerentanan penderita terhadap infeksi dan mengurangi gejala akibat efek samping dari pengobatan yang dijalani.

Makanan sehat yang baik untuk penderita kanker serviks yaitu makanan yang tinggi antioksidan. Sumber makanan ini berasal dari sayuran hijau seperti asparagus, sayur bayam, brokoli, kentang, selada, sawi hijau, ikan salmon dan hati sapi. Sumber lainnya berasal dari buah-buahan seperti blueberry, strawberry, blackberry, manggis dan jenis kacang-kacangan. Antioksidan ini dibutuhkan untuk membantu menghilangkan racun dan zat lain sebagai pemicu sel kanker serviks.

Vitamin B folat juga berperan untuk meminimalisir zat yang mampu menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Makanan tinggi vitamin B folat diantaranya berasal dari sayuran bayam, brokoli, kembang kol, jagung, kacang almond, roti dan buah pepaya.

Makanan sehat lainnya yang mengandung vitamin A, C, E dan kalsium dimana sumbernya dari coklat, buah wortel, jeruk dan tomat, hati ayam, ikan tuna dan susu. Fungsi pentingnya dapat mencegah dan mengatasi sel kanker serviks.

Polyphenol dan flavonoid yang dapat menjaga sel kanker tetap terkendali atau membuat pasif sel kanker dan membangun imunitas. Sumber makanan flavonoid didapatkan dari kedelai, kale, paprika, bayam, teh hijau, buah apel dan cokelat.

Betakaroten juga berperan dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dan melindungi sel dari kerusakan. Sumber karotenoid berasal dari ubi manis, labu kuning, buah mangga dan wortel.

Demikianlah, beberapa penjelasan makanan sehat dari ulasan diatas yang sangat penting untuk penderita kanker serviks selain dari pentingnya support dan dukungan. Makanan sehat tersebut dapat membantu dalam menyediakan sumber energi untuk pengobatan yang tinggi radiasi dan proses penyembuhan yang cukup membutuhkan waktu panjang. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here