Kenali Manfaat Serat untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, sudahkah kebutuhan serat dari tumbuh-tumbuhan sudah terpenuhi dalam tubuh Anda? Jika belum perlunya pengetahuan mengenai manfaat serat untuk kesehatan. Kira-kira apa saja ya manfaatnya? Artikel berikut akan mengupasnya untuk Anda.

Apa Saja Manfaat Serat untuk Kesehatan?

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Makanan yang mengandung serat menyehatkan jantung. Serat sangat melancarkan pencernaan. Pencernaan membuat berat badan ideal. Jika berat badan ideal maka tidak obesitas dan kadar kolesterol terjaga dengan baik sehingga resiko penyakit jantung dan stroke bisa diturunkan.

  • Menyehatkan Kulit

Serat pada buah dan sayuran sangat baik untuk kesehatan kulit. Serat dapat mengeluarkan berbagai jenis racun, bakteri dan jamur dari makanan yang masuk ke dalam pencernaan. Menurunnya racun dan bakteri dapat menyehatkan kulit yang dapat menimbulkan jerawat dan kulit kusam.

  • Mencegah Tumbuhnya Polip Pada Usus

Penyakit polip usus terjadi karena adanya peradangan. Peradangan berasal dari berbagai racun dari berbagai jenis makanan yang menumpuk dan tidak bisa keluar melalui feses. Bakteri dan jamur dari makanan membuat usus terkontaminasi dan terjadi peradangan. Peradangan yang tidak diobati akan tumbuh menjadi polip.

  • Mencegah Terjadinya Wasir

Wasir disebabkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah di area dubur. Proses buang air besar yang tidak lancar, mengejan kuat bisa menimbulkan adanya peradangan. Jika makan serat teratur usus bisa bekerja dengan baik dalam mengolah makanan sehingga buang air besar lebih lancar.

  • Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Kadar gula darah diatur oleh insulin dari pankreas. Kadar gula darah berasal dari pemecahan karbohidrat oleh sel dalam darah. Konsumsi serat teratur dapat menyebabkan penyerapan zat makanan oleh organ sel darah lebih baik. Kadar gula darah normal dapat membantu kesehatan batu empedu dan mengurangi resiko gangguan ginjal.

  • Gerakan usus Menjadi Lancar

Serat dapat meningkatkan sistem gerakan usus saat mengolah makanan di dalam saluran pencernaan. Serat dapat membuat feses lebih lembut sehingga usus bekerja normal dan tidak keras.

  • Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 2

Diabates tipe 2 disebabkan oleh tidak mampunya produksi insulin. Konsumsi serat teratur membuat perut menjadi lebih kenyang. Sehingga mengurangi asupan kalori dan kadar gula darah tetap normal.

  • Mengurangi Resiko Kanker

Beberapa jenis kanker misalnya kanker usus kanker saluran pencernaan disebabkan oleh kekurangan serat. Konsumsi serat teratur dapat mencegah potensi kanker usus besar, kanker rahim kanker indung telur, dan kanker payudara.

Demikian informasi mengenai manfaat serat untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca untuk membiasakan diri makan makanan yang berserat tinggi karena manfaatnya bagi tubuh sangat besar. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY