Kenali Pengobatan Penyakit Jantung Koroner

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit jantung bisa diobati dengan menjaga pola hidup sehat dalam jangka waktu yang panjang. Jadi jika sudah ada keluhan penyakit jantung, mau tidak mau kita harus merombak cara hidup kita menjadi hidup yang lebih sehat.

Bagaimana Cara Pengobatan Penyakit Jantung Koroner?

Ada banyak hal yang perlu dirombak dalam hidup Anda jika sudah ada tanda-tanda penyakit jantung. Beberapa langkah hidup sehat yang bisa dimulai sejak dini ialah sebagai berikut:

  • Merombak Gaya Hidup Menjadi Lebih Sehat

Seseorang dapat merombak gaya hidup tidak sehat menjadi lebih sehat. Gaya hidup yang sehat ialah dengan menghindari rokok. Baik itu perokok aktif maupun perokok pasif. Melakukan olahraga secara teratur, menghindari konsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.

  • Mengkonsumsi Obat Dari Dokter

Selain dari diri kita sendiri harus merombak pola hidup menjadi lebih sehat. Dokter pada umumnya bisa memberikan obat kepada pasien berpenyakit jantung ialah sebagai berikut:

  1. Statin. Dokter akan memberikan obat untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh sehingga memperlambat penyakit jantung. Statin yang biasa diberikan dokter ialah simvastatin, atorvastatin, dan pravastatin.
  2. Antiplatelet. Antipelet diminum sebagai pencegah penggumpalan darah. Obat ini juga bisa menurunkan risiko adanya serangan jantung.  Jenis obat ini ialah ticagrelor, clopidogrel, dan prasugrel.
  • Pengobatan untuk Anti-Hipertensi dan Diabetes

Apabila Anda mengalami tekanan darah atau pun hipertensi, maka cenderung akan terkena penyakit jantung. Maka ada baiknya untuk  mengontrol penyakit kronis ini. obat untuk mengontrol penyakit hipertensi dan diabetes ialah sebagai berikut:

  1. Obat Penghambat Beta. Obat yang diberikan untuk mengurangi laju denyut jantung yang sangat cepat.
  2. Obat Penghambat Kanal Kalsium. Obat yang diberikan untuk melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.
  3. Obat nitrat. Obat berupa nitrat merupakan obat penghambat kanal kalsium yang fungsinya untuk melebarkan diameter pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.
  4. Ivabradine. Penyakit jantung bisa mengonsumsi obat ini untuk mengurangi beban jantung dengan melambatkan laju denyutnya.

Selain pemberian obat-obatan, bisa juga dilakukan operasi. Operasi berfungsi dalam memperlebar arteri jantung. Caranya dengan memasukkan balon kecil bagian luar arteri sehingga dapat menyingkirkan jaringan lemak arteri.

Bisa juga dilakukan Bedah bypass arteri jantung (CABG). Prosedur ini merupakan prosedur pembuluh darah untuk membuka aliran darah ke jantung menjadi lebih lancar. Selain itu bisa juga dilakukan transplantasi jantung. Tranplantasi jantung dilakukan untuk mengganti jantung yang rusak menjadi lebih sehat.

Banyak hal yang perlu dilakukan sebagai jalan pengobatan penyakit jantung koroner. Pengobatan perlu dilakukan dua arah, artinya pasien harus menjaga pola hidup sehat, sedangkan dokter perlu mengambil langkah medis yang tepat untuk memperbaiki kondisi jantung. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY