Kenali Penyakit Hernia Berdasar Letaknya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hernia merupakan kelainan yang menimbulkan adanya benjolan diarea tertentu. Kemunculannya hernia ini dapat terjadi disegala usia baik anak-anak sampai orang dewasa. Kondisi ini dapat dianggap serius ataupun tidak tergantung pada gradenya, apabila keberadaanya menggangu maka hal tersebut tergolong pada masalah serius. Karena hernia sering muncul ditempat tertentu, terutama di area yang memiliki ruang lemak cukup besar. Kasus hernia yang sering di jumpai biasanya terjadi diarea bawah perut.

Selain itu kebnayakan hernia terjadi pada kaum pria. Hal ini berkaitan dengan kondisi tubuh dan hormon, sedangkan faktor luar yang dapat menjadi salah satu penyebab adalah aktivitas seseorang,biasanya hernia beresiko muncul pada pria beraktivitas berat seperti tukang batu, kuli dan lainnya. Sedangkan hernia yang sering terjadi pada anak kecil merupakan respon perubahan atau penyempurnaan organ dalam masa tumbuh kembangnya.

Berikut ini adalah macam- macam Hernia berdasarkan letak dan kemunculannya :

  • Hernia Femoralis, terletak di bagian atas paha atas biasanya merupakan bagian luar maupun dalam selangkangan. Ini merupakan mencuatnya jaringan lemak atau sebagian usus.
  • Hernia Inguinalis, jaringan lemak ataupun usus mencuat di abdomen sampai slangkangan
  • Hernia Umbilikus, berada disekitar pusar abdomen
  • Hernia Insisi, di sekitar abdomen, biasanya muncul akibat dari adanya insisi jaringan perut
  • Hernia Hiatus, disekitar rongga dada, akibat desakan bagian perut yang sampai diarah diafragma
  • Hernia Spigelian, di bawah pusar
  • Hernia Epigastrik, diantara pusar dan tulang dada bagian bawah
  • Hernia Otot, pada abdumen karena cidera

Pentingnya mengetahui gajala yang ditimbulkan akibar adanya herna, adalah untuk dapat memperoleh penanganan lebih cepat. Adapun gejala hernia yang sering muncul adalah sebagai berikut :

  • Muncul benjolan diare tertentu
  • Nyeri tekan
  • Tidak berpindah posisi
  • Lunak
  • Menggangu aktivtas

Untuk dapat menangani penyakit Hernia dengan tepat tentu saja yang dibutuhkan adalah periksa dengan benar baik mandiri maupun ke dokter. Akan di tegakkan diagnosa Hernia setelah dilakukan beberapa observasi atau pemeriksaan. Biasanya ketika menyadari adanya benjolan maka akan di periksa letak dan juga tekstur benjolan tersebut.langkah selanjutnya untuk membuktikan benjolan tersebut berupa tumor atau hernia maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan lanjutan sampai dengan USG. Dalam hasil USG akan ditampilkan kondisi benjolan tersebut, dan apabila itu merupakan hernia maka penanganan lanjutannya adalah operasi.

Terkait penanganan Hernia dengan proses operasi biasanya akan menjadi penawaran terlebih dahulu, ada beberapa orang yang tidak atau belum merasa terganggu terhadap keberadaan Hernia tersebut akan menunda proses operasi dengan berbagai alasan. Pada dasarnya disarankan untuk segera melakukan operasi agar tidak terjadi kesulitan maupun komplikasi. Karena itulah pihak dokter biasanya akan memberikan rekomendasi operasi berdasarkan berbagai macam pertimbangan, khususnya untuk penderita hernia adalah kondisi kesehatan penderita, isi dari hernia yang diderita, gejala yang sudah dialami, dan juga lokasi dari hernia tersebut. Oleh karena itu sebaik-baiknya dalah menjaga adanya keparahan, sehingga ketika ditemukan hernia lakukan tindakan medis segera. (WDA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here