Kenali Penyebab Kepala Pusing saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mungkin Anda sering merasakan pusing saat menjalani ibadah puasa. Namun anda tak perlu khawatir, karena fenomena ini merupakan yang umum terjadi. Meski begitu anda tetap harus hati-hati, karena mungkin saja ini dapat berbahaya bagi kesehatan Anda. Kepala pusing ketika puasa dapat menjadi penanda ada yang tidak benar atau bermasalah dalam tubuh Anda. Bisa jadi tubuh Anda kekurangan cairan, darah, energi atau masalah kesehatan lainnya.

Pada saat tubuh tidak mendapatkan asupan makan dan minum selama lebih dari 12 jam dapat membuat tubuh Anda merasa lemas, bahkan pusing. Kondisi ini tentu membuat puasa Anda bisa terganggu dan terasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas. Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab seseorang merasakan kepala pusing saat puasa, yaitu:

  1. Dehidrasi atau kepanasan

Puasa tentu akan membuat Anda merasa haus, namun hal itu harus anda tahan sampai waktu buka puasa tiba. apabila Anda merasa sangat haus dan tubuh sudah tidak banyak memiliki cadangan air, maka hal ini bisa berisiko mengalami kekurangan cairan atau biasa disebut dengan dehidrasi. Terlebih apabila cuaca sedang panas dan Anda banyak melakukan aktivitas di luar ruangan tentu kondisi ini membuat anda banyak mengeluarkan keringat.

  1. Gula darah rendah

Selain menahan haus, pada saat puasa anda juga wajib menahan rasa lapar saat berpuasa. Sehingga, tubuh Anda akan kekurangan glukosa sebagai salah satu sumber energi karena mungkin saja Anda tak banyak mengkonsumsi makanan dan minuman saat sahur dan buka puasa.

Glukosa merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan seluruh fungsi normalnya. Tubuh yang kekurangan glukosa akan membuat otak kekurangan energi untuk melakukan fungsinya dengan normal. Akibatnya, tubuh Anda akan merasa lemas dan kepala pusing.

Untuk itu, pada sat berpuasa Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat memberi dan mempertahankan energi lebih lama, misalnya pada saat makan sahur dan buka puasa, anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat tinggi (nasi merah dan roti gandum, buah-buahan dan sayuran).

  1. Tekanan darah rendah

Anda bisa merasa pusing saat berpuasa ketika jantung Anda tidak cukup memompa darah ke dalam otak. Kondisi ini bisa disebabkan karena tekanan darah Anda rendah. Tekanan darah yang turun secara tiba-tiba dapat membuat kinerja jantung tak maksimal, misalnya jantung tidak mampu mengantarkan darah ke dalam otak secara normal. Hal ini dapat terjadi saat Anda berdiri dari posisi duduk dengan sangat cepat.

  1. Kelelahan

Saat berpuasa Anda mungkin akan lebih mudah merasa kelelahan, terlebih ketika tubuh Anda kurang me dapat asupan cairan dan kurang banyak mengkonsumsi makanan pada saat berbuka puasa dan sahur. Kelelahan tubuh dapat disebabkan karena Anda terlalu banyak beraktivitas pada saat menjalankan ibadah puasa atau mungkin juga karena Anda kurang istirahat (kurang tidur). Hal ini kemudian dapat membuat  kepala Anda terasa pusing. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here