Kenali Penyebab Pembengkakan pada Kelenjar Getah Bening

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, ada yang pernah bertanya-tanya mengapa seseorang yang mengidap penyakit kelenjar getah bening mengalami pembengkakan di bagian tubuh tertetntu? Artikel berikut akan memberikan pencerahannya.

Bagaimana Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening?

Setiap orang yang mengalami benjolan di daerah leher umumnya langsung takut bahwa itu bagian dari penyakit kanker atau pembengkakan kelenjar getah bening. Penyebab pembengkakan pada kelenjar getah bening disebabkan oleh adanya virus, bakteri, infeksi parasit, dan infeksi lainnya. Penyebab pembengkakan kelenjar getah bening yang lainnya ialah sebagai berikut:

  1. Rheumatoid arthritis merupakan penyakit pada autoimun pada  jaringan pelapis sendi.
  2. Sarcoidosis ialah penyakit yang dapat dilihat dari gejalanya yang memunculkan gumpalan jaringan yang semakin lama semakin mengalami pembengkakan dan muncul warna merah atau granuloma yang ada di dalam organ tubuh.
  3. Tuberkulosis merupakan infeksi bakteri yang muncul dengan gejala batuk yang lama dan bahkan menetap.
  4. Campak merupakan infeksi virus yang bisa dilihat dari munculnya gejala seperti bintik merah di bagian kulit.
  5. Sifilis merupakan infeksi bakteri yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual.
  6. Cytomegalovirus ialah infeksi virus yang dapat tertular melalui dari perantara air liur dan urine.
  7. HIV merupakan infeksi virus yang mengganggu sistem kekebalan tubuh manusia.
  8. Adanya penyakit kanker.
  9. Rubella ialah jenis infeksi virus yang dapat dilihat dari gejalanya yang ruam kulit seperti bintik kecil yang warnanya kemerahan.
  10. Lupus ialah penyakit autoimun pada bagian sendi, kulit, sel darah, dan berbagai bagian organ tubuh lainnya.

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening dari Lokasinya

  1. Kelenjar Getah Bening Submandibular, pembengkakan terletak pada bagian bawah rahang yang disebabkan oleh adanya faring (tenggorokan), leher, mata, kulit kepala, infeksi kepala sinus dan telinga.
  2. Kelenjar Getah Bening Submental, pembengkakan terdapat pada bawah dagu. Drainase dan disebabkan oleh cytomegalovirus, virus Epstein-Barr, toksoplasmosis, sindrom mononucleosis dan penyakit gigi seperti periodontitis.
  3. Kelenjar Getah Bening Jugularis, banyak terjadi pembengkakan pada bagian serta atas bawah otot sternokleidomastoideus dan disebabkan oleh faringitis dan rubella.
  4. Kelenjar Getah Bening Leher Belakang, pembengkakan yang terjadi di leher bagian belakang, yang banyak disebabkan oleh penyakit limfoma, kanker, Tuberkulosis, kepala dan leher.
  5. Kelenjar Getah Bening Suboksipital, pembengkakan yang terletak di antara belakang kepala dan leher, yang disebabkan oleh adanya infeksi lokal yang terjadi.
  6. Kelenjar Getah Bening Postaurikular, pembengkakan di belakang telinga dan disebabkan oleh adanya infeksi lokal.
  7. Kelenjar Getah Bening Preauricular, yang letaknya pada bagian depan telinga yang disebabkan oleh adanya infeksi telinga pada bagian luar.
  8. Kelenjar Getah Bening Supraklavikula Kanan, yang letaknya di cekungan pada leher dan bahu kanan yang disebabkan oleh adanya retroperitoneal atau gastrointestinal dan kanker paru-paru.
  9. Kelenjar Getah Bening Supraklavikula Kiri, yang letaknya di cekungan pada leher dan bahu kiri yang disebabkan infeksi bakteri atau jamur, Limfoma, kanker toraks atau retroperitoneal.

Demikian informasi mengenai penyebab penyakit pembengkakan kelenjar getah bening. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here