Kenali Penyebab Pernapasan Bronkospasme Akut, Wajib Tahu!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah tahu apa itu bronkopasme? Bronkopasme merupakan kontraksi otot yang terjadi secara mendadak atau bisa juga dinding bronkial yang menyempit sehingga menjadikan kita akan sulit bernafas karena bronkials mengkerut. Walaupun bersifat temporer, kenyataanya bronkopasme akut dapat menyebabkan kematian. Kondisi bronkopasme yang seperti ini biasanya disebabkan oleh induksi allergen atau zat tertentu pada perdangan laisan paru dan brochioli.

Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan banyaknya lendir lengket yang sulit disembuhkan akibat adanya kelenjar bronkus. Hal ini disebabkan karena radang bronkial menjadi berlendir hingga terjadi penyempitan dan jalan udara menjadi tersumbat. Jika lender tidak dapat dihentikan, maka penderita akan mengalami batuk serta terjadi iritasi.

Faktor Yang Mendorong Terjadinya Bronkopasme:

Asma merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya bronkopasme yang merupakan penyakit peradangan kronis pada saluran pernapasan bagian bawah.  Gejala penyakit pernapasan ini biasanya akan muncul pada pagi hari dan malam hari saat udara dingin atau pada saat melakukan aktifitas berat, seperti olahraga.

Bronkopasme juga disebabkan oleh:

  1. Ketombe dari bulu, rambut, atau kulit hewan peliharaan

Tidak jarang ketombe, rambut, atau kulit hewan dapat menyebabkan alergi. Pada orang yang menderita penyakit pernapasan, tiga hal ini dapat beresiko membuat kesulitan bernapas. Untuk mencegah dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, menghindari diri dari hewan atau konsultasi dan melakukan perawatan pada dokter yang tepat.

  1. Faktor Genetik

Tidak jarang seseorang yang mempunyai Ayah atau Ibu yang mengalami masalah pada pernapasan, ikut terkena penyakit juga. Hal ini disebabkan oleh faktor genetic yang diwariskan oleh orangtua kepada keturunan mereka.

  1. Mengalami Infeksi Saluran Pernapasan Bagian Atas

Respiratory tract infections atau biasa disebut juga infeksi pada pernapasan bagian atas adalah infeksi yang menyerang saluran pernapasan manusia. Infeksi ini ditimbulkan oleh coronavirus dan rhinovirus. Gejala yang timbul akibat infeksi ini adalah hidung tersumbat, pilek, bersin, nyeri otot dan sakit pada tenggorokan.

  1. Terkena Udara Dingin Atau Kering

Perubahan cuaca dapat menyebabkan terjadinya kesulitan bernapas pada penderita, penting sekali untuk membawa obat saat bepergian kemanapun serta selalu mengatur suhu tubuh dengan baik agar terhindar dari udara yang terlalu dingin maupun kering.

  1. Stop Konsumsi Obat Ini

Obat-obatan seperti aspirin, antibiotik, atau obat untuk tekanan darah yang dapat membuat tekanan darah tinggi menurun dan obat jantung. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan serangan bronkopasme kambuh kembali.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY