Kenali Penyebab Rematik pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit rematik dapat menyerang siapa saja, tak kenal muda ataupun tua. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Banyak hal yang mungkin tidak disadari oleh kalangan remaja bahwa kebiasaan yang mereka lakukan bisa memicu risiko rematik. Kebiasaan seperti gaya hidup, pola makan dan obat-obatan yang sering anda konsumsi bisa saja menjadi faktor penyebab penyakit rematik. Jika penyakit rematik sudah kronis, bahayanya dapat membuat penderita sering merasa nyeri, sulit bergerak, mengalami pengeroposan tulang dan bahkan bisa mengakibatkan kelumpuhan.

Sebelum mengetahui apa saja penyebab penyakit rematik di usia remaja, alangkah lebih jika anda memahami penyakit rematik itu sediri. Berikut penjelasannya

Apa itu Penyakit Rematik?

Rematik merupakan timbulnya rasa neyri dan ngilu pada bagian persendian yang di sebabkan karena adanya peradangan atau infeksi pada sendi-sendi tulang. Beberapa bagian tubuh yang sangat mudah terserang rematik adalah persendian kaki, pinggang, punggung, leher dan tangan.

Dahulu, keberadaan penyakit rematik dianggap sebagai penyakit yang menyerang seseorang di usia tua. Namun sekarang ini rematik mudah menyerang remaja ataupun dewasa. Dalam bahasa medis, rematik disebut dengan istilah lupus eritematosus yang biasa menyerang kelompok usia 20 hingga 50 tahun terutama perempuan.

Gejala Penyakit Rematik Pada Remaja

Beberapa keluhan yang sering dialami oleh penderita rematik adalah sebegai berikut:

  1. Timbul rasa nyeri di area persendian
  2. Anggota gerak menjadi terasa kaku dan sulit digerakkan
  3. terjadi pembengkakan di area perdsendian yang disebabkan oleh adanya infeksi atau peradangan
  4. Kulit di area persendia terlihat memerah

Penyebab Rematik pada Remaja

Pada dasarnya penyebab penyakit rematik sangat bervariasi, namun pada umumnya penyakit yang bisa menyebabkan kelumpuhan ini bisa disebabkan oleh adanya gangguan autoimun, atau keadaan dimana sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan persendian. Selain itu, masih ada beberapa penyebab penyakit rematik, khususnya yang terjadi di usia remaja, antara lain:

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Yang Terganggu

Gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang dapat menyerang persendian sering di alami oleh remaja. Di mana sistem kekebalan tubuh akan berbalik menyerang persendian sehingga mengakibatkan tulang rawan di sekitar sendi menjadi rapuh dan sangat tipis.

  1. Kebiasaan Hidup Yang Buruk

Bebrapa kebiasaan pola hidup yang menjadi faktor penyebab timbulnya rematik adalah bekerja pada lingkungan yang lembab, memaksa diri mengenakan pakaian basah akibat kehujanan atau keringat. Apabila kebiasaan ini sering anda lakukan, maka dapat memicu angin dan udara dingin masuk ke dalam tubuh anda sehingga menyumbat energi di dalam tubuh.

  1. Konsumsi Kalsium Yang Sangat Kurang

Pada usia remaja sebenarnya tulang membutuhkan kalsium untuk memperkuat persendian dan pertubuhan tulang itu sendiri. Kekurangan kalsium merupakan salah satu penyebab rusaknya jaringan persendian dan tulang, akibatnya terjadi masalah atau gangguan yang menyebabkan tulang menjadi keropos sehingga timbul rasa nyeri, hingga akhirnya menyebabkan rematik. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here