Kenali Penyebab Stroke Menjelang Persalinan

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pembaca, tahukah Anda bahwa masa menuju persalinan ada banyak wanita yang mengalami stroke? Jika ya, apa penyebab dan cara menanganinya?

Stroke membuat pembuluh darah pecah dan membuat otak akan kekurangan oksigen maupun kekurangan nutrisi, sehingga terganggunya aliran darah ke otak.

Gejala Stroke Pra-Persalinan

Gejala stroke selama hamil, menjelang persalinan, dan setelah kehamilan sama dengan gejala stroke lainnya, tapi ada gejala khususnya sebagai berikut:

  • Lesu dan letih. Perdarahan berat atau pembengkakan di dalam otak karena adanya posterior leukoencephalopathy reversibel, trombosis vena serebral, dan tekanan darah tinggi.
  • Penglihatan tidak normal. Penglihatan tidak normal, penglihatan seakan ganda merupakan gejala stroke menjelang persalinan. Penglihatan juga bisa terasa kabur karena lobus oksipital memproses sensor penglihatan dalam otak terletak yang terletak di daerah belakang otak. Hal ini terjadi karena sindrom posterior leukoencephalopathy reversibel.
  • Sakit kepala. Sakit kepala parah dan tidak kunjung hilang. Stroke ini disebabkan oleh trombosis vena serebral.
  • Pusing atau vertigo. Tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi fungsi pembuluh darah di daerah belakang otak seperti pusing dan vertigo. Stroke tersebut juga dapat menyebabkan mual atau muntah.
  • Kejang. Kejang terjadi karena adanya posterior leukoencephalopathy reversibel dan stroke hemoragik, yang keduanya dapat terjadi bila Anda memiliki tekanan darah tinggi.
  • Gangguan bicara. Gangguan saat bicara seperti cadel mungkin terjadi pada ibu hamil.
  • Tekanan darah tinggi. Tingginya tekan darah menjadi pertanda ibu dapat mengalami stroke. Bahkan tekanan darah yang tinggi juga berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin.

Faktor Pemicu

Faktor pemicu kehamilan disebabkan oleh karena usia yang lebih tua, obesitas, migrain, merokok, penyakit jantung, diabetes gestasional, hipertensi gestasional (tekanan darah tinggi), peningkatan perdarahan setelah melahirkan, dan hipertensi. Kondisi psikologis yang tegang dan tertekan, emosional yang kacau, dan kurangnya segala macam persiapan kehamilan dan persalinan.

Cara Mencegah

  • Senam Hamil. Senam hamil disarankan untuk ibu hamil pada usia trimester ketiga, karena mengurangi pegal pinggul yang sering terjadi pada ibu hamil menjelang persalinan.
  • Asupan Nutrisi. Perhatikan asupan nutrisi bagi ibu dan janin, agar kesehatan ibu dan pertumbuhan janin lebih sempurna.
  • Lakukan Gerakan Ringan. Rilekskan tubuh dengan gerakan-gerakan ringan saat hamil tua dan menjelang persalinan.
  • Posisi Badan. Berdiri tegap dan dagu diangkat, kemudian tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan. Pundak dan punggung ibu tetap rileks dan mengunci lutut.
  • Berbaring. Berbaring dan selipkanlah bantal dibawah tungkai dan sandarkan kepala Anda ke bantal.

Demikian informasi mengenai kondisi stroke menjelang persalinan. Semoga informasi tersebut dapat membuat para Pembaca lebih siap dalam menghadapi kemahilan dan persalinan dengan baik. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY