Kenali Persiapan Sebelum Melakukan Mandi Sauna

0
6
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mandi sauna merupakan salah satu cara para wanita mempercantik diri. Manfaatnya bisa membuat tubuh lebih sehat, kulit bersih dan berat badan menurun. Hal ini bisa terjadi karena saat mandi sauna tubuh banyak mengeluarkan keringat sehingga dapat membersihkan kulit dan kelenjar keringat.

Bagaimana Persiapan Sebelum Sauna?

  1. Sebaiknya melakukan sauna ketika pagi hari, sebab saat pagi kondisi tubuh dalam posisi normal.
  2. Lebih baik memilih tempat sauna yang tidak terlalu banyak orang sehingga sirkulasi udara tetap sesuai dengan kebutuhan.
  3. Lakukan pemanasan sebelum sauna dengan cara menarik nafas dan merelaksasi tubuh dengan melakukan stretching. Sebaiknya stretching dilakukan jangan terlalu lama sekitar 5 menit saja.
  4. Jangan menggunakan busana atau hanya menggunakan pakaian yang minim sehingga efek sauna bisa dirasakan sampai ke seluruh tubuh.
  5. Buatlah tubuh relaks dan santai, kemudian balurlah dengan lulur pembersih atau scrub pembersih.
  6. Lakukan sauna paling lama sepanjang 1 jam saja. Hal ini karena jantung hanya dapat memompa darah lebih terpacu dari biasanya. Sebaiknya hentikan sauna ketika sudah merasakan pusing atau mual.

Apa Saja yang Perlu dilakukan agar Sauna dapat Berjalan Aman?

  1. Apabila Anda merupakan penderita jantung, sebaiknya konsultasi dengan dokter bolehkah melakukan sauna.
  2. Sebaiknya pilih baju dengan jenis katun atau yang menyerap keringat. Bisa juga menggunakan baju renang dan dibalut handuk saat berada di ruangan uap.
  3. Jangan sampai memakai perhiasan saat sauna.
  4. Sauna hanya aman dilakukan dalam waktu 20 menit saja. Jangan terlalu lama karena tubuh pun biasanya tidak kuat.
  5. Jangan melakukan sauna di saat hamil, sebab suhu yang sangat tinggi dapat mengganggu tabung saraf pada bayi. Jika memang sangat ingin melakukannya, pastikan hanya sebentar atau kurang dari 15 menit.
  6. Jangan minum beralkohol saat berada dalam ruangan sauna, karena akan memunculkan efek pusing kepala dan pingsan.
  7. Sebaiknya seorang peminum alkohol jangan menggunakan sauna karena dapat meningkatkan resiko penyakit aritmia, kematian mendadak, dan hipotensi.
  8. Pastikan minum terlebih dahulu, kira-kira dua gelas air sebelum melakukan sauna sehingga tidak kehabisan cairan.
  9. Setelah keluar dari ruangan sauna, jangan sampai langsung mandi. Sebab suhu pendinginan sebaiknya dilakukan bertahap. Awali dengan santai dan istirahat, kemudian mandi dengan air hangat.

Lakukan sauna sebagai cara untuk menyehatkan tubuh, jangan terlalu sering melakukannya. Sebaiknya beri jeda, jangan rutin setiap hari. sebab ketika melakukan sauna, jantung benar-benar terpompa lebih cepat daripada biasanya. Perhatikan panduan sebelum melakukan sauna yang sudah dijelaskan dalam artikel ini.

Demikian informasi mengenai persiapan sebelum melakukan sauna. Semoga bermanfaat. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY