Kenali Seks Sehat Selama Masa Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak orang merasa takut untuk melakukan hubungan seksual ketika masa kehamilan. Ketakutan tersebut karena tidak ingin mengganggu kehamilan istri. Padahal berhubungan intim merupakan kegiatan rutin yang bisa menambah keharmonisan pasangan.

Bagaimana Melakukan Hubungan Seks Sehat Saat Hamil?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan hubungan seksual saat hamil agar ibu dan janin tetap dalam kondisi sehat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut ialah sebagai berikut:

  • Posisi Berhubungan Seks

Secara umum, pasangan berhubungan intim dengan keadaan pria berada di atas. Tapi karena pembuluh darah ibu bisa jadi tertekan dengan keberadaan janin yang berada di atas ibu.

Posisi berhubungan intim yang sehat bagi ibu hamil ialah dengan berhubungan intim lewat belakang ibu atau lewat samping. Tapi gerakannya pun tidak boleh terlalu keras dan cepat karena akan menguras tenaga sang istri. Lakukan senggama dengan halus dan gerakan pelan.

  • Oral Seks

Wanita yang sedang hamil bisa tetap melayani suaminya dengan melakukan oral seks. Oral seks bisa dilakukan untuk alat kelamin pria dengan mulut pasangannya. Sebaliknya jika akan melakukan oral seks dengan vagina, maka dianjurkan jangan sampai ada udara yang masuk ke vagina saat melakukan oral.

Sebab tiupan yang masuk ke dalam vagina bisa membuat pembuluh darah menjadi terhambat dan memicu terjadinya emboli. Kondisi emboli yang terus terjadi bisa mengancam janin yang ada di dalam perut ibu.

  • Jangan Melakukan Anal

Jika istri sedang hamil, maka sangat dilarang melakukan seks anal karena sangat beresiko terjadinya infeksi bakteri dari dubur ke vagina. Aktivitas ini sangat dilarang oleh dokter bagi para penderita heneroid.

  • Disarankan Memakai Kondom

Jika pasangan ini melakukan hubungan seksual di saat istri sedang hamil, maka disarankan untuk memakai kondom. Kondom sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai macam infeksi yang bisa beresiko bayi menjadi tertular.

  • Hapus Ketakutan

Banyak pasangan yang justru kurang harmonis karena kurang melakukan hubungan seksual ketika hamil. Tapi pelan-pelan tepislah ketakutan tersebut, sebab bayi secara alami terlindungi oleh cairan ketuban dan otot yang sangat kokoh sehingga berhubungan seksual tidak akan membuat resiko bayi terlahir secara prematur.

  • Pastikan Istri Beristirahat Cukup

Pastikan istri beristirahat cukup, sebab jika istri merasa kelelahan maka kemungkinan besar akan membuat istri mudah capek dan kehilangan hasrat untuk berhubungan intim dengan suaminya. Suami dapat membantu istri merasa lebih nyaman dengan memijat, mencium, dan memberikan kasih sayang. Kasih sayang sangat dibutuhkan wanita yang sedang hamil agar kondisi psikologisnya bisa menjadi lebih baik. Demikian informasi mengenai seks sehat selama masa kehamilan. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here