Kenali Tahapan Monopause pada Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, banyak wanita yang tidak memahami bagaimana tahapan menopause sehingga ketika waktunya datang mereka pun merasa kaget. Maka perlu sekali mengenali bagaimana tahapan demi tahapan wanita yang mengalami menopause.

Bagaimana Tahapan Monopause pada Wanita?

Ada empat tahap seorang wanita mengalami menopause yang seringkali tidak disadari. Sebenarnya ada juga masa transisi dari tahap hingga tahap dengan rentan waktu satu sampai tiga tahun. Tahap menopause yang bisa terjadi pada wanita ialah sebagai berikut:

Tahap Pramenopause

Tahap pramenopause merupakan mulai terjadinya sebuah kekacauan pada siklus haid wanita. Selain itu wanita juga mulai mengalami perubahan psikologis, fisik, dan mulai terjadi perdarahan yang sangat panjang dan banyak. Bahkan juga diiringi rasa nyeri ketika sedang haid. Pada tahap pramenopause ini ibarat permulaan transisi klimaterik sejak dua sampai lima tahun sebelum menopause yang umum terjadi pada usia 45-55 tahun.

Tahap Perimenopause

Perimenopause merupakan masa saat tubuh menyesuaikan mulai bisa menerima kedatangan masa menopause yang terjadi pada 2-8 tahun ditambah satu tahun periode terakhir menstruasi. Umumnya masyarakat Indonesia mengalami perimenopause ketika berusia 46-55 tahun.

Tahap Menopause

Memasuki tahap menopause, maka produksi ovarium sudah berhenti mengeluarkan hormon estrogen dan progesterone tapi masih mengeluarkan hormon pria seperti testosterone dan androstenedione sehingga ada beberapa keluhan psikologik dan fisik. Tahap ini biasa terjadi pada usia 49-50 tahun yang bisa berlangsung dari 3 sampai 4 tahun.

Tahap Pascamenopause

Tahap pascamenopause merupakan tahap adaptasi terjadinya perubahan psikologis dan fisik. Seorang wanita sudah mulai tidak memproduksi ovarium dan sudah tidak berfungsi sehingga mengalami atrofi atau pengecilan ukuran. Tapi hormon gonadotropin justru semakin meningkat. Wanita pada umumnya berada pada tahap pascamenopause ketika berusia 50-55 tahun. Paskamenopause dapat terjadi ketika seseorang mulai berusia 10 hingga 15 tahun kemudian disusul masa senium (uzur) ketika sudah memasuki usia 65 tahun hingga akhir dari jalannya kehidupan.

Tanda Terjadinya Monopause

  • Menstruasi Mulai Tidak Teratur. Interval masa menstruasi bisa lebih pendek dan panjang.
  • Terjadinya Gangguan Saat Tidur. Wanita mengalami hot flashes atau gangguan tidur saat masuk tahap perimenopause.
  • Psikologis Wanita Mulai Berubah. Wanita banyak mengalami depresi dan terjadi perubahan psikologis dan gangguan tidur.
  • Vagina Kering. Vagina kurang cairan dan elastisitas, sehingga bercinta menjadi sangat menyakitkan.
  • Kurang Subur. Ovulasi atau pelepasan sel telur membuat wanita mengalami menstruasi tidak teratur sulit hamil.
  • Matinya Hasrat Bercinta. Ketika wanita memasuki tahao perimenopause, maka hasrat berhubungan intim berubah hilang.
  • Terjadinya Osteoporosis. Seorang yang menopause sering terjadi pengeroposan tulang karena kurangnya hormon estrogen.
  • Kadar Kolesterol yang Berkurang. Kadar estrogen dan kadar kolesterol dalam darah terus meningkat sehingga berisiko serangan jantung.

Demikian informasi mengenai tahap menopause pada wanita. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here