Kenali Tanda dan Gejala Kanker Penis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyebab pasti dari kanker penis memang belum ditemukan. Tetapi bagi anda para pria harus tetap waspada karena kanker penis merupakan penyakit yang berbahaya. Bahkan dapat mengancam nyawa penderita.

Angka kejadian kanker penis dapat dikatakan jarang terjadi. Sehingga banyak pria yang menyepelekan penyakit ini. Hal tersebut yang membuat pria dengan kanker penis terlambat datang ke rumah sakit ketika keadanya sudah parah akibat penderita tidak mengetahui gejala-gejala awal terserang penyakit ini.

Padahal, jika pemeriksaan kepada dokter dilakukan lebih cepat maka juga akan mendapatkan penanganan yang lebih cepat. Tentunya tingkat kesembuhan yang didapat juga lebih tinggi. Ketika anda menunda untuk menerima bantuan medis berarti sama saja anda membiarkan kanker berkembang lebih parah dan meningkatkan risiko kematian. Biasanya prosedur akhir yang digunakan jika kanker sudah terlalu parah adalah penectomy dimana penis diangkat dengan prosedur ini.

Gejala kanker penis pada tiap orang sangat bervariasi. Ada yang mengetahui gejalanya karena mengalami kerusakan primer pada penis atau karena adanya infeksi. Untuk lebih jelasnya, berikut tanda dan gejala yang muncul pada penderita kanker penis :

  1. Kutil

Pada stadium awal, kanker penis akan menunjukan gejala dengan timbulnya papula, luka, kutil atau plak yang berbentuk kembang kol di kepala penis, yang lama kelamaan akan menjadi borok dan tepinya mengeras tidak rapi. Pertumbuhan kutil ini tidak akan hilang dalam waktu 4 minggu.

  1. Terjadi Phimosis

Gejala lainnya yaitu organ penis yang menderita kanker akan mengalami phimosis atau terjadi perlengketan pada kulup.

  1. Perdarahan

Perdarahan akan terjadi dari penis atau dari kulit di ujung penis.

  1. Bau busuk di sekitar penis

Adanya borok pada area penis memungkinkan penis mengeluarkan nanah sehingga akan muncul bau busuk di sekitar penis.

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan adanya invasi sel kanker, dapat juga karena adanya infeksi. Pada umumnya penderita kanker penis mengalami pembengkakan kelenjar getah bening inguinal. Namun dapat juga akibat terjadi kanker penis bersamaan dengan infeksi lokal.

  1. Nyeri

Nyeri yang dirasakan oleh penderita kanker penis selain pada area penis, juga dapat terjadi nyeri pada tulang.

  1. Penurunan berat badan

Berat badan turun terjadi karena gejala yang terkait pada bagian metastase membuat penderita kehilangan nafsu makannya.

  1. Gejala lain

Gejala tambahan atau lainnya, biasanya penderita kanker akan mengalami sakit perut, mudah lelah, perubahan warna penis, dan terdapat ruam pada penis. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY