Kenali Tanda dan Gejala Penyakit Ablasio Retina

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak masyarakat yang belum mengetahu gejala ablasio retina, bahkan apa itu ablasio retina. Ablasio retina merupakan suatu kondisi dimana bagian retina sensoris terlepas dari epitel pigmennya (RIDE). Kondisi ini merupakan gangguan atau kelainan pada mata yang sangat berbahaya meskipun lebih banyak dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut. Resiko orang menderita penyakit ablasio retina akan lebih besar pada penderita rabun jauh atau kelainan miopia dan orang yang memiliki riwayat penyakit ablasio retina.

  • Gejala Penyakit Ablasio

Penyakit ini dibedakan menjadi dua macam yaitu Ablasio retina traksi dan ablasio retina ekskludatif. Kedua jenis penyakit tersebut biasanya merupakan turunan dari penyakit lainnya yang sudah menjalar ke dalam daerah mata. Oleh Karena itu jika anda mengalami suatu penyakit sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Karena apabila dibiarkan bisa sampai dengan mengganggu penglihatan pada mata. Berikut ini adalah tanda dan gejala ablasio retina.

  • Floaters

Salah satu tanda dan gejala yang dialami oleh penderita ablasio retina biasanya akan mengalami penglihatan floaters. Floaters merupakan keadaan dimana pada saat melihat akan terdapat benda yang melayang-layang. Hal ini disebabkan oleh adanya kejadian mengkeruhnya bagian vitreus akibat masuknya darah ke dalam viterus. Pasien juga akan mengalami penglihatan ganda (benda yang dilihat menjadi bayang-bayang dua) seperti orang yang terkena minus.

  • Photopsia

Penderita ablasio retina juga akan mengalami photopsia atau light flash. Kondisi ini ditandai dengan adanya sebuah kedipan ringan namun lama-lama akan seperti melihat sebuah kilatan cahaya di depan mata. Kedipan ini bisa sangat mengganggu yang membuat penglihatan penderita ablasio retina menjadi silau serta kaget tanpa ada sebab yang jelas.

Tanda atau gejala Photopsia juga bisa terjadi pada seseorang yang kurang tidur atau kelelahan. Sebab mata yang lelah akan sering melihat kilatan cahaya atau bayangan hitam. Oleh sebab itu untuk menjaga mata tetap sehat diharapkan jangan terlalu sering begadang karena efeknya sangat buruk.

  • Mata Seperti Tertutup Tirai

Gejala dari penyakit ablasio retina ini juga ditandai dengan keadaan mata yang tertutup seperti tirai, semakin lama semakin luas. Penglihatan pada keadaan ini semakin menurun drastis sehingga sangat mengganggu pandangan. Kondisi ini akan semakin parah apabila semakin banyak bagian retina mata yang tertutupi seperti tertutup tirai.

  • Munculnya Parabola

Tanda dan gejala penyakit ablasio retino selanjutnya adalah kondisi dimana di dalam mata penderita akan ada bulatan seperti layaknya parabola yang menutupi bagian mata. Parabola ini bentuknya mirip dengan penderita katarak yang di bagian matanya terdapat warna putih menutupi bagian mata yang hitam.

Jika anda mengalami tanda dan gejala dari penyakit ablasio retina mata seperti yang telah dipaparkan di atas, maka segera perika ke dokter. Pemeriksaan sejak dini sangat disarankan untuk dilakukan agar segera mendapatkan perawatan yang tepat. Sehingga penyakit ablasio retina tidak bertambah parah.(AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here