Kenali Tanda Kebotakan dan Cara Mencegahnya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Alopecia atau kebotakan umumnya terjadi pada kaum pria. Tak hanya yang berusia lanjut, kebotakan juga bisa menimpa pria yang masih terbilang muda. Oleh karena itu, mengenali tanda-tanda awal kebotakan dapat mengurangi potensi terjadinya kebotakan.

Pada umumnya, tanda-tanda kebotakan adalah sebagai berikut:

  • Rambut rontok lebih dari 100 helai dalam sehari
  • Ada sensasi kulit terbakar pada kulit kepala
  • Kulit kepala bersisik, gatal dan disertai warna kemerahan
  • Rambut tipis, lepek dan mudah rontok saat disisir
  • Menipisnya rambut
  • Pertumbuhan rambut tidak merata
  • Jarak antara ruas rambut yang satu dan lainnya makin lebar
  • Kulit kepala di daerah sekitar kebotakan mudah terlihat dan mengilap
  • Jumlah rambut makin berkurang saat dikuncir

Nah, di bawah ini adalah beberapa cara supaya gejala kebotakan bisa dicegah:

  1. Tanaman herbal

Masalah kerontokan rambut bisa dicegah dengan selalu menjaga kesehatan kulit kepala dan folikel rambut. Beberapa jenis tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah kerontokan rambut ialah urang-aring, lidah buaya, minyak kemiri, kulit apel, kuning telur, minyak zaitun dan santan kelapa. Tanaman herbal ini bisa Anda racik sendiri di rumah, misalnya santan kelapa. Santan kelapa kaya akan nutrisi yang dapat memperkuat akar dan memelihara helai rambut. Campurkan 20 ml santan kelapa, dua sendok teh minyak amla dan satu sendok teh air perasan jeruk lemon. Oleskan ramuan tersebut ke kepala Anda menggunakan kapas. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Obat-obatan

Selain tanaman herbal, perawatan dengan menggunakan obat-obatan kimia juga bisa dilakukan. Finasteride adalah obat yang biasa digunakan para pria untuk mencegah kebotakan. Minoxidil adalah obat untuk membantu supaya rambut tumbuh subur dan lebat. Spironolactone adalah obat yang biasa digunakan wanita untuk memertahankan kesehatan folikel rambut yang baru tumbuh.

  1. Makanan sehat

Sejumlah jenis makanan yang dipercaya mampu mencegah kebotakan di antaranya seledri, ikan, teh hijau, yogurt, alpukat dan sebagainya.

  1. Selektif memilih produk perawatan rambut

Sekarang ini ada banyak perusahaan menggunakan zat kimia aktif dalam produk perawatan rambut mereka. Sebagai konsumen, Anda tentu diminta untuk selalu berhati-hati ketika ingin membeli salah satu di antaranya. Jangan mudah terkecoh oleh iklan, harga yang miring, dan diskon besar-besaran yang ditawarkan. Supaya tidak menyesal, sebaiknya gunakan hanya produk perawatan rambut yang benar-benar terbukti mampu menjaga kesehatan dan diproduksi oleh perusahaan terpercaya.

  1. Hindari penyebab stres

Rambut rontok bisa juga disebabkan oleh ketegangan akibat stres. Jadi, hindarilah penyebab stres. Mengatur gaya hidup sehat, seperti tidur tepat waktu, tidak bergadang, atau tidak mengonsumsi alkohol juga dapat memperbaiki sekaligus menjaga kesehatan rambut Anda. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here