Kenali Tanda Pria Kekurangan Hormon Testosteron

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Testosteron adalah hormon yang sangat penting bagi seorang pria. Tingkat testosteron yang rendah dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan pria, baik dari segi emosional dan fisik. Jadi, kenali tanda kekurangan testosteron agar kualitas hidup terjaga.

Selama masa pubertas, testosteron membantu para pria dalam hal pengembangan testis dan penis. Hormon ini juga berperan penting dalam pertumbuhan rambut pada wajah dan kemaluan, termasuk pada pedalaman suara.

Hormon testosteron atau hormon seks pria sejatinya akan menurun seiring bertambahnya usia. Penurunan level testosteron ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala yang mirip dengan gejala akibat proses penuaan.

Spesialis andrologi Dr. Nugroho Setiawan SpAnd mengungkapkan, sekalipun bergejala, namun seringkali pria mengabaikan hipogonadisme atau kondisi kurangnya hormon testosteron. Lalu, seperti apa saja gejala seorang pria kekurangan hormon testosteron. Inilah daftarnya:

  • Depresi

Sebuah penelitian yang dilakukan di Veterans Affairs Puget Sound Health Care and University of Washington di Seattle menemukan, pria dengan testosteron rendah kemungkinan empat kali lebih mungkin didiagnosa dengan depresi klinis.

  • Kurangnya energi

Testosteron rendah juga terkait dengan energi yang rendah. Jika Anda menemukan bahwa energi Anda telah menurun, ini bisa jadi pertanda kalau testosteran Anda rendah.

  • Bekurangnya tinggi badan

Testosteron berperan penting dalam kesehatan tulang. Jadi, jika Anda merasa seperti mengalami penyusutan tinggu tubuh, ini bisa jadi testosteron Anda rendah.

  • Penyusutan pada testis

Rendahnya tingkat testosteron terkadang dapat menyebabkan testis mengecil. Beberapa pria juga melaporkan perasaan mati rasa pada testisnya.

  • Bekurangnya kekuatan otot

Testosteron juga berperan dalam massa otot. Jadi, jika Anda juga mengalami penurunan kekuatan atau daya tahan, itu bisa jadi Anda mengalami penurunan testosteron.

  • Penurunan libido

Hormon testosteron memainkan peran penting di dalam libido, baik bagi pria maupun wanita. Ketika kadar testosteron menurun, biasanya diikuti dengan menurunnya gairah seks.

  • Penurunan ejakulasi

Ketika kadar testosteron Anda menurun, Anda juga mungkin melihat bahwa jumlah ejakulasi Anda mengalami penurunan volume.

  • Disfungsi ereksi

Jika Anda tidak dapat mencapai atau mempertahankan ereksi, bisa jadi karena tingkat testosteron Anda yang rendah.

  • Memiliki masalah kesehatan lainnya

Kadar testosteron dapat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan lainnya. Terutama obesitas, diabetes tipe 2, dan masalah tiroid. Jadi, jika Anda menderita salah satu atau lebih dari masalah kesehatan itu, kemungkinan Anda juga memiliki masalah dengan penurunan testosteron.

Bila Anda mengalami berbagai gejala di atas, maka kunjungilah rumah sakit atau dokter ahli untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kesehatan testosteron tidak hanya meningkatkan fungsi seksual, tapi juga semua aspek yang berperan dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here