Kenali Warna Feses atau Pup pada Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Warna feses atau poop pada bayi bermacam-macam ada beberapa macam, kenali beberapa macam warna feses pada bayi berikut ini :

  1. Feses berwarna hijau kehitaman

Apabila bayi setelah lahir kedunia mengeluarkan feses berwarna hijau kehitaman hal ini di anggap normal. Jenis kotoran ini disebut dengan mekonium. Keluarnya mekonium setelah kelahiran bayi berlangsung lama.

  1. Feses berwana kuning

Apabila seorang bayi mengeluarkan feses berwarna kuning maka bayi tersebut minum ASI seca eksklusif, hal ini disebut dengan golden feces yang berarti bayi telah mendapat ASI penuh dari ASI depan (foremilk) dan ASI belakang (hindmilk). Cairan empedu dapat membantu proses pencernaan lemak sehingga timbul warna kuning. Namun apabila bayi minum ASI yang di campur susu formula maka feses bayi akan cenderung berwarna kuning gelap atau kuning tua, agak coklat, coklat tua, kuning kecoklatan atau coklat kehijauan.

  1. Feses berwarna coklat

Warna feses coklat pada bayi di indikasikan sebagai warna feses yang normal. Akan tetapi warna feses ini terjadi karena bayi mengkonsumsi ASI yang di campur susu formula maupun bayi sepenuhnya mengkonsumsi susu formula.

  1. Feses berwarna hijau

Seorang bayi yang poop berwarna hijau masih tergolong feses yang normal. Akan tetapi feses berwarna hijautidak boleh terus muncul. Hal ini berarti bahwa ibu pada saat memberikan ASI belum dalam keadaan benar. Hal ini menunjukan jika bayi hanya mendapatkan ASI depan atau yang disebut dengan foremilk dan bayi tidak mendapatkan ASI belakang hindmilk. ASI depan memiliki lebih banyak gula dan laktosa serta rendah lemak untuk itu ASI tersebut akan mudah di serap sehingga bayi akan cepat merasa lapar. Sedangkan ASI belakang memiliki kandungan lebih banyak lemak dan ASI ini akan terisap jika ASI depan sudah habis. Hal ini terkadang bayi akan merasa tidak nyaman karena terlalu banyak gas. Apabila bayi mengeluarkan feses berwarna hijau dan kuning secara bergantian, hal ini menandakan bahwa bayi telah mendapatkan ASI yang komplit.

  1. Feses berwarna merah

Warna merah pada feses bayi biasanya disertai dengan darah, bentuk dari feses tersebut bisa cair atau menggumpal. Jika hal tersebut terjadi pada bayi anda maka segera pergi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Biasanya dokter akan memeriksa apakah darah tersebut berasal dari tubuh bayi sendiri ataukah berasal dari ibu yang dihisap bayi pada saat persalinan. Jika bayi menghisap darah pada saat persalinan maka feses bayi akan ada bercak berwarna hitam, biasanya bercak itu akan muncul satu sampai tiga hari. Ada dua kemungkinan penyebab terjadinya kondisi ini yaitu bayi mengalami alergi susu formula dan penyebab lainnya yaitu telah terjadi invaginasi yang artinya penyumbatan pada usus. Apabila bayi mengalami invagasi maka penanganan yang harus dilakukan yaitu dengan tindakan operasi.

  1. Feses berwarna putih atau abu-abu

Bila bayi mengeluarkan feses berwarna kuning pucat atau putih keabu-abuan baik dalam bentuk encer ataupun padat maka anda harus mewaspadai hal ini. Warna putih pada feses bayi dapat menjadi indikasi bayi mengalami gangguan pada hati atau penyumbatan empedu. Jika bayi mengalami kondisi ini maka harus segera bawa bayi anda ke dokter untuk segera mendapatkan penanganan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here