Kenalilah Bagaimana Mekanisme Terjadinya Ereksi pada Penis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat pembaca, banyak dari pria maupun wanita yang tidak menyadari bagaimana mekanisme terjadinya ereksi pada pria. Alhasil seringkali tidak dapat maksimal ketika bercinta. Sebenarnya bagaimana mekanisme ereksi pada pria?

Apa yang Dimaksud dengan Ereksi Pria?

Ereksi merupakan kondisi  penis menjadi lebih  besar dan memanjang secara alamiah karena adanya aliran darah yang mengalir cepat ke daerah penis. Banyaknya darah yang masuk pada ruang kosong di dalam penis membuat penis membesar, memanjang, dan kaku. Mekanisme ereksi penis pada pria mensyaratkan keadaan badan yang sehat, sehingga dapat ereksi yang kuat.

Pemicu Ereksi

Pemicu ereksi yang paling besar ialah adanya gairah seksual. Pria merupakan makhluk visual yang menggunakan panca indera untuk bereaksi pada semua hal. Pria akan mendapatkan rangsangan dari penglihatan terhadap tubuh wanita, aroma wangi wanita, dan gesekan pada wanita. Hal ini membuat terjadinya sebuah reaksi kimia di otak, yang dapat membuat penis ereksi. Ini disebut stimulasi fisik

Pria juga dapat membayangkan benda fisik menjadi kegiatan nyata dalam pikirannya, sehingga banyak pria yang dapat berimajinasi terhadap apapun objek seksualitas. Impian erotis serta imajinasi seksual yang dapat membuat penis ereksi disebut dengan stimulasi mental.

Penis terkadang juga dapat mengalami ereksi pada saat makan, mengendarai sepeda motor, dan tidur. Ereksi pada pria juga dapat terjadi sewaktu-waktu baik siang maupun malam. Air hangat ketika mandi juga dapat membuat penis ereksi. Remaja pria memiliki ereksi yang lebih spontan dan keras jika dibandingkan dengan pria dewasa karena ketidaksamaan hormon testosterom, kondisi sistem syaraf, dan aspek kesehatan.

Anatomi Penis

Ereksi pada pria terjadi karena adanya anatomi yang normal seperti penjelasan sebagai berikut:

  • Corpora cavernosa. Ini merupakan dua jaringan silinder yang membentang pada segi penis. Jaringan tersebut terlihat seperti spons yang dapat mengisap darah.
  • Tunica. Bagian ini merupakan selubung luar yang keras dan melingkari bagian bagian corpora.
  • Corpus spongeosum. Bagian ini merupakan silinder ketiga yang ada di antara dua corpora. Pada bagian spongeosum, ada saluran uretra sebagai tempat mengalirnya urine dan air mani.

Anatomi Mekanisme Ereksi Penis

  1. Ada stimulasi seks berbentuk fisik atau stimulasi mental
  2. Sisi otak yang dikatakan nukleus para-ventrikel merespon rangsangan dan dikirim impul seksual.
  3. Impul seksual lalu menuju sistem syaraf penis lewat saraf otonom spesial sumsum tulang belakang, saraf panggul serta saraf luas yang berada di kelenjar prostat untuk menuju corpora cavernosa
  4. Arteri yang kemudian terisi darah, respon dari rangsangan membuat otot di corpora cavernosa menjadi lebih santai.
  5. Serat otot di arteri membuat penis menjadi santai, bertambahnya volume aliran darah menuju penis sejumlah delapan kali lipat sehingga memperluas ruangan sinusoidal dalam corpora, dan merenggangkan (tunika).
  6. Tunika yang merenggang menghalangi pembuluh darah vena membawa darah keluar dari corpora cavernosa.
  7. Darah terjebak didalam penis, desakan jadi amat tinggi serta penis, akhirnya terjadi ereksi dengan keras.

Demikian informasi mengenai mekanisme terjadinya ereksi pada pria. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY