Kenalkah Jenis Air Minum Dalam Kemasan yang Beredar Dipasaran?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Semakin banyaknya kasus pencemaran lingkungan saat ini membuat sumber air bersih sulit didapat. Oleh karenanya, banyak masyarakat yang bergantung pada air minum dalam kemasan (AMDK), baik itu dalam kemasan gelas, botol, maupun galon. Ini membuat AMDK kini tak hanya sekedar air minum praktis yang dibawa ketika bepergian, tapi juga untuk keperluan minum sehari-hari dan bahkan untuk memasak. AMDK sendiri merupakan air minum yang diproduksi dengan proses pengolahan tertentu mengikuti SNI (Standar Nasional Indonesia).

Kebanyakan orang tahu bahwa AMDK berasal dari mata air pegunungan. Tapi, ternyata AMDK banyak jenisnya dan tak semua berasal dari pegunungan serta pengolahannya pun berbeda-beda. Lantas, apa saja jenis AMDK yang beredar di pasaran saat ini?

  1. Air mineral. Air mineral adalah air yang memiliki kandungan mineral, baik itu secara alami maupun buatan. Jenis air minum dalam kemasan ini seringkali diklaim bersumber dari mata air pegunungan dan paling banyak dijumpai di pasaran. Oleh karenanya, kebanyakan orang mengidentikkan air minum dalam kemasan dengan air mineral.
  2. Purified water. Purified water adalah jenis air yang telah melewati proses pemurnian, seperti distilasi, deionisasi atau reverse osmosis (RO). Proses tersebut bertujuan untuk menghilangkan bakteri dan kandungan lain dalam air tersebut. Jenis air minum dalam kemasan ini biasanya diberi label sesuai proses produksinya, seperti air RO dan air distilasi.
  3. Air artesis. Air artesis adalah air yang berasal dari bawah lapisan bebatuan dalam tanah. Jenis air ini biasanya dialirkan melalui sumur bor.
  4. Spring water. Spring water merupakan air minum dalam kemasan yang berasal dari formasi bawah tanah di mana air mengalir secara alami ke permukaan bumi. Untuk bisa dikatakan sebagai spring water, sumber airnya harus murni dan bebas dari bahan kimia atau kontaminan lainnya. Dinamai “spring” karena di luar negeri sumber airnya hanya diambil ketika musim semi.
  5. Sparkling water. Sparkling water memiliki kandungan karbon dioksida sehingga pada airnya akan tampak lapisan gelembung (berkarbonasi). Karena menciptakan sensasi kesegaran tersendiri, banyak orang menjadikan jenis air minum dalam kemasan ini sebagai alternatif minuman soda bergula.

Itulah 5 jenis air minum dalam kemasan yang saat ini marak beredar di pasaran. Apa pun jenis air minum dalam kemasan yang Anda pilih, pastikan untuk selalu membaca label pada kemasan mengenai manfaat dan kandungan air tersebut. Pastikan pula merk air minum yang Anda pilih telah mengantongi izin BPOM. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here