Kenapa Sering Ngantuk saat Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sebagian besar orang puasa akan mengalami rasa kantuk yang tak tertahankan di siang hari. Apa yang menyebabkan orang jadi mudah mengantuk saat puasa? Ternyata bukan hanya kurang tidur yang menjadi penyebabnya, tapi juga karena metabolisme tubuh yang berubah.

Perubahan pola makan dari yang awalnya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari di waktu malam, disertai dengan aktivitas yang bertambah di malam hari, dapat mengubah metabolisme tubuh seseorang, seperti suhu inti tubuh dan pola tidur.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berpuasa dapat menyebabkan perubahan irama sirkadian. Saat berpuasa, suhu inti tubuh dan pengeluaran hormon kortisol di siang hari menurun dan pengeluaran hormon melatonin juga dilaporkan berkurang selama puasa. Perlu diketahui, melatonin merupakan hormon utama yang mengatur siklus tidur-bangun dengan cara mengubah suhu inti tubuh, sedangkan kortisol yang disebut dengan hormon stress membantu kita untuk tetap terjaga di siang hari.

Singkatnya, perubahan pola tidur pada orang yang berpuasa membuat jumlah jam tidurnya berkurang karena harus terbangun dini hari. Kondisi ini bisa disiasati dengan tidak tidur terlalu larut. Toh, tubuh juga akan mulai menyesuaikan irama tidur selama puasa.

Sebenarnya, sebagian besar penyebab mengantuk yang teramat sangat adalah menurunnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi. Otak mendapatkan energi dalam bentuk glukosa sehingga jika aliran glukosa ke jaringan otak berkurang akan mempengaruhi kinerja dari otak. Otak mengonsumsi 60% asupan glukosa tubuh.

Dikutip dari Fitnessspotlight, setelah energi yang dihasilkan oleh makanan sudah menipis, maka hati akan mengeluarkan cadangan glikogen yang disimpan untuk membantu memberikan energi bagi tubuh sehingga otak dan sistem tubuh lainnya bisa bekerja maksimal.

Jika cadangan energi di tubuh tidak cukup untuk memberikan energi tambahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, maka tubuh akan merasa lemas dan terjadi penurunan kadar gula darah. kondisi ini bisa menyebabkan seseorang merasa kantuk. Jadi, tak heran bila sebagian besar orang akan mulai merasa kantuk ketika sudah memasuki siang hari. Pada saat itu, cadangan energi di dalam tubuh orang berpuasa sudah mulai berkurang.

Faktor lain adalah kekurangan zat besi di dalam tubuh bisa membuat seseorang merasa ngantuk saat siang hari. Hal ini biasanya disebabkan asupan zat besi yang kurang saat sahur. Untuk menyiasatinya, jangan lupakan makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran berdaun hijau, ikan teri dan juga kacang-kacangan. Zat besi membuat tubuh akan banyak menyerap oksigen sehingga tidak cepat mengantuk.

Di samping itu, agar tubuh tidak cepat mengantuk saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks seperti beras merah, ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum akan menahan glikogen lebih lama untuk menghasilkan glukosa. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here