Kendalikan Diri saat Berbuka Agar Berat Badan Terjaga

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Niat puasa boleh sekuat baja. Namun, adakalanya saat berbuka hawa nafsu menyergap. Aneka makanan pun habis dilahap. Hati-hati berat badan bisa bertambah lho!

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk membuat tubuh lebih sehat. Saat berbuka puasa pun jangan dijadikan ajang ‘balas dendam’ untuk makan sepuasnya. Alih-alih menurunkan atau setidaknya menjaga berat badan, berpuasa malah justru membuat gendut jika tidak bisa mengendalikan makan saat berbuka.

Nah, Anda bisa mencoba beberapa kiat di bawah ini agar diri terkendali saat berbuka:

  • Tinggi serat dan protein

Konsumsilah makanan yang tinggi serat dan protein, terutama saat berbuka puasa. Protein, lemak sehat, dan serat dapat membantu proses metabolisme tubuh sepanjang malam untuk membakar kalori. Saat sahur pun sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat dan protein yang membuat rasa kenyang lebih lama.

  • Hindari makanan berlemak tinggi

Hindari makanan yang terlalu pedas, makanan berminyak, atau gorengan yang mengandung tinggi lemak. Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan.

  • Kurangi makanan manis buatan

Jika ingin menjaga berat badan, hindari asupan mengandung gula terlampau tinggi. Berbuka puasa sebaiknya diawali dengan makanan yang memiliki kadar glukosa alami untuk pemulihan energi di dalam tubuh, seperti kurma dan jus buah. Jus buah yang tidak asam dan tidak berasal dari suhu yang dingin bisa menjadi alternatif minuman berbuka yang sehat karena dapat mengembalikan kadar gula darah ke kadar normal.

  • Jangan lewatkan makan sahur

Ingin menurunkan berat badan bukan berarti melewatkan makan sahur. Melewatkan makan sahur justru bisa memperlambat metabolisme dan menurunkan pembakaran lemak tubuh.

  • Jangan kurang cairan

Pastikan, saat puasa tubuh tidak kekurangan cairan. Konsumsilah air putih dan jus buah secukupnya. Jika tubuh mendapat asupan air cukup, metabolisme tubuh juga lebih baik sehingga membantu penurunan berat badan.

  • Lakukan aktivitas fisik

Puasa bukan waktunya untuk bermalas-malasan. Lakukan aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki atau lari-lari kecil. Kombinasi asupan makan sehat dan aktivitas fisik bisa menjaga berat badan.

  • Tahan nafsu

Hidangan berbuka biasanya penuh dengan makanan lezat. Kendalikan nafsu makan Anda. Sekali lagi, jangan makan berlebihan dan ingat untuk menjalankan puasa yang menyehatkan.

Tatkala berbuka puasa, biasanya seseorang melampiaskan nafsu makanannya dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Tapi hal itu malah dikhawatirkan membuat Anda kelebihan lemak. Lemak ini nantinya akan berubah menjadi senyawa lemak.

“Senyawa lemak inilah yang bisa menjadi cikal bakal berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan pencernaan, kolesterol yang tinggi dan termasuk kelebihan berat badan,” ujar Kepala Instalasi Gizi, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Asep Ahmad Munawar, SKM,MKM. Pada hakikatnya, berpuasa di bulan Ramadhan adalah menahan segala hawa nafsu, termasuk nafsu makan yang berlebih. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY