Kepribadian dan Perilaku Seksual Seseorang

SehatFresh.com – Setiap orang memiliki kepribadian dan kecenderungan tingkah laku yang berbeda-beda. Faktor lingkungan menjadi sangat dominan dalam pembentukan kepribadian seseorang. Di sisi lain, beberapa pendapat menyatakan bahwa bawaan biologis berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.

Semua individu memiliki persamaan biologis tertentu, seperti memiliki dua tangan, panca indera, kelenjar seksual, dan otak yang rumit. Persamaan biologis ini membantu menjelaskan beberapa persamaan dalam kepribadian dan perilaku semua orang. Namun setiap warisan biologis seseorang bersifat unik di mana tidak seorang pun memiliki karakteristik fisik yang sama, seperti ukuran tubuh, kekuatan fisik, atau kecantikan. Bahkan, anak kembar sekali pun pasti ada perbedaannya.

Perbedaan kepribadian tersebut menimbulkan pula reaksi yang berbeda antara individu dengan lingkungannya termasuk dalam hal reaksi seksual. Seks bisa dikatakan sebagai manifestasi seksualitas individu dalam hubungannya dengan individu lain. Aspek ini meliputi pengaruh budaya, berpacaran, hubungan interpersonal dan semua hal tentang seks yang berhubungan dengan kebiasaan-kebiasaan yang diserap dari lingkungannya. Memahami sikap dan kepribadian seseorang merupakan suatu hal yang penting karena hal tersebut akan mempengaruhi bagaimana cara kita untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan seseorang, termasuk dalam hal memahami tingkah laku seksualnya.

  • Tipe terbuka

Reaksi seksual pada orang dengan kepribadian terbuka cenderung mudah dikenali orang lain. Pasalnya, mereka cenderung untuk selalu mengungkapkan apa yang mereka rasakan pada orang lain. Hal ini menyebabkan mereka siap untuk menerima reaksi-reaksi dari orang lain dan cenderung mengharapkan opini orang lain.

  • Tipe tertutup

Mereka dengan tipe kepribadian tertutup cenderung memendam gejolak perasaan dalam dirinya dan tidak ingin orang lain tahu lebih mengenai keadaan dirinya. Ketika mereka mengalami ketidaktahuan tentang seks, mereka cenderung mencari informasi sendiri yang mereka perlukan tanpa melibatkan orang lain. Dorongan seksual yang mereka rasakan cenderung ditahan. Pada pria, hal ini mungkin membuat mereka lebih sering mimpi basah.

  • Tipe emosional

Pada orang dengan tipe emosional, tindakan yang meeka lakukan cenderung lebih banyak didasari oleh emosi dibanding rasio. Mereka cenderung ingin segalanya selalu terpenuhi tanpa mempertimbangkan akibatnya. Kebanyakan orang dengan tipe ini menyamakan cinta dengan seks.

  • Tipe rasional

Pada orang dengan tipe rasional, mereka lebih cenderung mengutamakan pertimbangan ketika bertindak. Mereka biasanya tidak mudah jatuh cinta terhadap lawan jenis dan tidak mudah terlibat secara emosional dengan orang lain. Mereka cenderung berhubungan dengan orang lain seperlunya saja.

Sumber gambar : www.vestyles.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY