Kerusakan Gigi Karena Botol Susu

SehatFresh.com – Membiasakan memberikan susu atau minuman manis lainnya menggunakan botol susu pada bayi ternyata dapat menimbulkan kerusakan pada gigi (karies). Ini biasanya terjadi pada gigi depan, (gigi seri). Gigi berlubang atau karies disebabkan terlalu banyaknya gula pada gigi. Gula ini bisa berasal dari susu formula serta minuman dengan pemanis buatan dan makanan ringan.

Kerusakan gigi botol berkembang ketika gigi bayi mulai sering kontak dengan terlalu banyak gula. Bakteri dalam mulut memakan gula, memperbanyak dan menghasilkan asam sebagai produk limbah. Asam menyerang gigi dan enamel gigi sehingga pada akhirnya mengakibatkan kerusakan gigi. Ketika bayi tidur sambil minum dengan botol untuk waktu yang lama, gula akan melapisi gigi. Hal ini menyebabkan gigi berlubang lebih cepat.

Kerusakan gigi akibat penggunaan botol susu biasanya ditandai dengan terlihatnya kerusakan pada sekeliling gigi yang dimulai dari leher gigi, permukaan luar gigi seri atas, dan meluas ke arah samping dan permukaan dalam gigi. Awalnya, gigi biasanya mengalami pelunakan yang berwarnah putih, yang kemudian berubah warna menjadi coklat kehitaman. Bila kerusakan gigi ini dibiarkan saja, maka kerusakan dapat meluas dengan cepat sehingga dapat menyebabkan gigi tanggal dan bahkan mengakibatkan adanya nanah di sekitar gigi.

Karies gigi pada bayi bisa menjadi masalah serius. Gigi dibutuhkan untuk mengunyah, berbicara, dan tersenyum. Nyeri dan infeksi kemungkinan akan terjadi jika gigi hilang terlalu dini atau jika kerusakan gigi tidak diobati. Selain itu, jika gigi bayi tidak berkembang dengan baik, bayi mungkin mengembangkan kebiasaan makan yang buruk atau memiliki masalah bicara. Gigi dewasa dapat tumbuh menjadi tidak beraturan atau menyebabkan crowding (gigi bertumpuk).

Karies gigi karena susu formula bisa dicegah. Gigi bayi hendaknya rutin dibersihkan begitu gigi sudah mulai tumbuh pada usia sekitar usia bulan. Karena jaringan mulut bayi masih lembut, maka pembersihan dapat dilakukan dengan memakai kapas yang dibasahi air. Seiring bertambahnya usia anak, akan bertambah pula jumlah gigi anak dan jaringan mulut pun semakin kuat, maka pembersihan gigi dapat dilakukan dengan sikat gigi khusus yang sesuai dengan usianya. Ketika menyusui baik itu ASI atau susu botol, hendaknya tidak sambil menidurkan anak, dan apabila anak tidur maka botol harus dilepaskan dari mulut anak. Gigi anak perlu dibersihkan setelah selesai makan atau minum susu menjelang tidur, guna kesehatan giginya tetap terjaga.

Sumber gambar : www.tipsanakbayi.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY