Kesalahan-Kesalahan Dalam Pemakaian Kondom

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sepertinya terlihat sepele, namun kenyataannya tidak semua pasangan suami istri benar dalam memakai kondom sebelum berhubungan seksual. Sebenarnya kondom mampu mencegah kemungkinan kehamilan dan mencegah penyakit seksual, dengan catatan dipakai dengan tepat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa kesalahan dalam pemakaian kondom!

  1. Melepas kondom ketika masih berhubungan seks. Rupanya sebagian suami melepas kondom, sebelum selesai melakukan hubungan seks. Tentu saja hal ini menjadi kekeliruan, karena alat kontrasepsi seharusnya digunakan hingga aktivitas seksual selesai.
  2. Membuka gulungan kondom sebelum dipakai. Hal ini menjadi kekeliruan, karena bisa saja kondom tersebut rusak atau justru terkontaminasi oleh bakteri-bakteri.
  3. Tak menyisakan ruang di ujung kondom. Suami seharusnya menyisakan ruang di ujung kondom. Ruang tersebut sebagai tempat penampungan cairan sperma.
  4. Tak mengeluarkan udara dari dalam kondom. Pria seharusnya menekan atau mengeluarkan udara, yang terdapat di ujung kondom sebelum digunakan.
  5. Memakai kondom terbalik. Kesalahan lain yang juga kerap muncul adalah memakai kondom terbalik.
  6. Tidak membuka gulungan kondom dengan sempurna. Pria terkadang terburu-buru, sehingga langsung melakukan hubungan seksual sebelum gulungan kondom terbuka sempurna.
  7. Karet kondom terkena benda tajam. Rupanya sebagian pria membuka bungkus kondom dengan menggunakan benda tajam. Problem akan muncul apabila benda yang digunakan cukup tajam, sehingga bisa merobek karet kondom.
  8. Tak jeli ketika melihat kerusakan karet kondom. Pria terkadang acuh terhadap kondisi kemasan atau label kadaluarsa. Pria harus memastikan kondisi bungkus kondom tersebut tidak robek, sekaligus belum melewati tanggal kedaluwarsa.
  9. Tidak menggunakan pelumas. Kenapa hal ini menjadi masalah? Pasalnya jika berhubungan seks dalam jangka waktu lama, karet kondom bisa robek atau rusak.
  10. Mengalami komplikasi pelumas. Rupanya banyak pria yang dilaporkan menggunakan pelumas berbahan minyak dengan kondom lateks. Pelumas berbahan dasar tersebut ternyata bisa melemahkan lateks, yang menyebabkan kondom rusak.
  11. Salah ketika menarik kondom. Ternyata ada pula pria dan wanita yang gagal menarik kondom setelah ejakulasi. Tentu saja situasi ini bisa memberikan pengalaman buruk.
  12. Memakai kondom berulang-ulang. Masih ada beberapa pria yang menggunakan kondom bekas pakai. Kondom yang sama tersebut, rupanya digunakan lebih dari satu kali ketika berhubungan seksual. Tentu saja situasi ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kelamin.
  13. Salah dalam penyimpanan. Masih banyak orang yang menyimpan kondom pada tempat yang tak sesuai saran di kemasan. Perlu menghindari penyimpanan kondom di dompet atau di tempat yang terkena sinar matahari.
  14. Tak memakai kondom sama sekali. Kesalahan terakhir ini bukan bagian dari kesalahan dalam memakai kondom, namun cukup penting untuk disimak. Menurut survei National Survey of Sexual Health and Behavior dari Amerika Serikat, ternyata hanya 45 persen pria usia 18-24 tahun yang memakai kondom saat berhubungan seks dengan pasangannya. Tentu saja situasi ini bisa mengakibatkan penyakit menular. Namun jauh lebih baik jika aktivitas seksual benar-benar dilakukan pada pasangan yang resmi, dengan melalui pernikahan yang sah. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here