Kesalahan Pagi Hari yang Bikin Tubuh Jadi Gampang Gemuk

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kebiasaan di pagi hari yang sering anda  lakukan mungkin secara tidak sadar bisa membuat badan anda menjadi gemuk. Mungkin sekarang anda mencoba ingin menurunkan berat badan tapi hasilnya malah berat badan tetap dan tidak berkurang.

Meski pun anda telah melakukan olahraga seminggu sekali dan memilih makanan yang tepat juga sudah anda lakukan. Lalu adakah yang salah dalam hal yang anda lakukan?  Selain anda memilih makanan yang anda makan dan anda melakukan olahraga ada hal-hal anda ketahui, bahwa kebiasaan di pagi hari dapat mempengaruhi berat badan anda. Masa sih?

Mudah tidaknya seseorang untuk menjadi gemuk dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya berhubungan dengan kebiasaan di pagi hari yang kelihatannya sepele tetapi bisa memperlambat laju metabolisme.
Beberapa orang tetap langsing meski banyak makan, sementara beberapa yang lain gampang sekali gemuk meski sudah membatasi asupan makanan. Perbedaannya ada pada laju metabolisme yang sering disebut dengan istilah Basal Metabolic Rate (BMR).

Meski tinggi BMR, semakin cepat pula makana-makanan di metabolisme dalam tubuh sehingga tidak menumpuk sebagai lemak. Begitu pun saat anda tidak sedang beraktifitas fisik, BMR yang tinggi membuat tubuh tetep menjalankan metabolisme sehingga tidak kelebihan kalori.

Beberapa kebiasaan di pagi hari yang membuat anda gemuk seperti :

  • Kurangnya Tidur di Malam Hari Meningkatkan Risiko Kegemukan

Kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin badan gemuk adalah saat malam hari anda kurang tidur. Memiliki jam tidur yang kurang di waktu hari-hari kerja bukan berarti berat badan anda bisa turun. Justru bisa meningkatkan berat badan karena peningkatan level hormon yang bisa membuat nafsu makan naik.

Tidur terlalu kama juga nggak baik, menurut penelitian, tidur lebih dari 10 jam setiap malam meningkatkan risiko kegemukan. Kebiasaan ini juga dapat memperlambat pencernaan dan juga memperlambat metabolisme tubuh.

  • Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Cepat Gemuk Tidak Membereskan Tempat Tidur

Mengawali pagi yang baik tentunya harus membuat badan banyak gerak. Salah satunya dengan membereskan tempat tidur. Ini mungkin sepele, tapi kebiasaan di pagi hari dengan membereskan tempat tidur bisa berpengaruh anda pada aktivitas sepanjang hari.

  • Kamar yang Kurang Terkena Sinar Matahari Membuat Kamu Semakin Malas untuk Bergerak

Kamar gelap dan kurang terkena sinar matahari bisa menyebabkan anda makin mager untuk bangun pagi. Sebaiknya kamarmu memiliki jendela sehingga setiap pagi sinar matahari bisa masuk. Sinar matahari membuat tubuh dapat menyesuaikan jam biologis, termasuk juga metabolisme tubuh.

  • Jangan Sekali-Kali Melewatkan Sarapan dengan Menu Sehat

Penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin sarapan akan berisiko kecil terkena kegemukan. Orang yang rutin sarapan dengan menu sehat sebesar 600 kalori cenderung tidak akan cepat lapar sepanjang hari. Menu sarapan yang baik yaitu terdiri dari protein tanpa lemak, karbohidrat dan sedikit makanan manis

  • Saat Sarapan Kamu Makan Terlalu Cepat dan Dalam Jumlah yang Banyak

Makan terlalu cepat merupakan kebiasaan di pagi hari yang perlu anda hindari. Makan cepat apalagi dalam porsi yang besar tak terasa akan menambah timbangan berat badan anda. Makan cepat dan makanan yang berlemak membuat pencernaan sulit karena anda tidak mengunyah makanan dengan benar.

  • Sepele Tapi Penting, Kamu Jarang Menimbang Berat Badanmu di Pagi Hari

anda nggak akan tahu seberapa naik atau turun berat badan anda jika hanya dari perkiraan sendiri tanpa menimbang berat badan anda. Sebaiknya, biasakanlah menimbang badan setiap hari, sebaiknya sesudah mandi dan sebelum berpakaian.

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk anda menimbang berat badan, karena pada saat itulah bobot tubuh paling rendah. Dengan begitu hasilnya juga akan lebih akurat dan anda juga bisa membuat penyesuaian dengan pola makan dan aktivitas fisik saat hari itu.

  • Tidak Banyak Minum Air Putih Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Kebiasaan kurang minum air mungkin setiap pagi secara nggak sadar anda lakukan karena alesan terburu-buru. Padahal tubuh anda membutuhkan air untuk mencerna makanan dan menyerap lemak. Jika anda malas untuk minum air putih setiap pagi, anda akan mengalami kendala pada pencernaan.

Hal inilah yang bisa membuat berat badan anda terus meningkat. Minum 8 gelas air putih setiap hari sangatlah penting. Maka sebaiknya, sesaat setelah bangun tidur pagi, anda minum satu gelas air putih. Baru kemudian mandi.

Nah, itulah beberapa kebiasaan di pagi hari yang bisa bikin anda gemuk. Sekarang anda lebih tahu kan kebiasaan apa saja yang bisa membuat tubuh anda makin melar. Mulai dari sekarang, yuk tinggalkan kebiasaan buruk. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here