Ketahui Bahayanya! Endometrium Tumbuh Diluar Rahim

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit yang umumnya terjadi pada wanita ini dapat mengancam kesuburan dan bahkan berujung pada kematian. Hal ini disebabkan karena jaringan endometrium tumbuh diluar rahim padahal dalam keadaan normal, lapisan endometrium hanya dapat tumbuh didalam rahim. Jika Anda sering mengalami menstruasi yang tidak teratur, sering mengalami sakit perut dan panggul, atau bahkan merasa sakit saat berhubungan seksual dengan pasangan. Anda perlu hati-hati karena itu merupakan ciri-ciri penyakit endometriosis.

Apa Saja Bahaya Dari Penyakit Ini?

  1. Siklus Menstruasi Datang Lebih Awal

Umumnya, siklus menstruasi akan terjadi setelah 28 hari. Namun, pada penderita penyakit ini akan mengalami siklus haid sebelum 28 hari karena penyakit ini menyerang kesuburan yang ada pada wanita.

  1. Siklus Menstruasi Terjadi Lebih Lama

Siklus haid wanita yang terkena endometriosis akan berlangsung lebih lama, umumnya diatas 7 hari atau bahkan sampai 14 hari lamanya.

  1. Menstruasi Di Usia Dini

Wanita mengalami menstruasi rata-rata di usia 14 tahun keatas, namun apabila nutrisi dalam tubuhnya baik. Maka dapat mengalami menstruasi lebih cepat. Perlu diwaspadai, menstruasi di usia dini akibat nutrisi yang baik ataukah akibat terkena penyakit endometriosis.

  1. Nyeri Saat Berhubungan Seksual

Dispurenia atau sakit pada saat berhubungan intim disebabkan karena endometrium menyebar pada dinding rahim, dinding panggul, serta permukaan dasar panggul dan ligament.

  1. Sakit Perut

Penyakit ini menyebabkan sakit perut pada bagiat perut dan panggul pada saat menstruasi. Biasanya gangguan nyeri saat haid dapat dihilangkan dengan obat pereda nyeri analgesic seperti aspirin dan paracetamol.

  1. Sakit Pada Saat Kencing

Penyakit ini juga dapat menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil, biasanya disebabkan karena endometrium menempel pada ginjal.

  1. Kemandulan

Resiko yang ditakuti oleh wanita salah satunya adalah kemandulan. Hal ini disebabkan karena jaringan endometrium yang menempel pada rahim, malah menempel pada organ lain dan tumbuh besar disana.

  1. Resiko Kematian

Resiko terbesar dari penyakit endometriosis adalah kematian, penyakit ini berbahaya karena menyerang organ penting wanita dan beresiko kematian pada penderitanya.

Sudah mengetahui bahayanya? Mulai dari mengakibatkan siklus haid menjadi tidak teratur hingga menyebabkan kematian. Jika anda diduga menderita penyakit ini, maka akan dilakukan laparoscopy untuk diambil sampel endometriumnya. Maka mulai dari sekarang jangan sepelekan penyakit ini dan segeralah berobat kedokter mengenai pencegahan dan penangannya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY